10 Fakta Tentang Batik Indonesia

fakta tentang batik indonesia Batik mendengar kata tersebut pasti sudah familiar di telinga kita. Sebagai salah satu warisan budaya dunia tentu masyarakat indonesia sudah sangat mengenal akan batik. Batik digunakan dalam berbagai acara resmi maupun tidak resmi. Saat ini model dan berbagai jenis pakaian yang terbuat dari batik. Nah tahukah anda ada 10 Fakta yang kami tulis tentang batik indonesia.




1. Sejarah Nama Batik

Kata “Batik” berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa: “amba”, yang bermakna “menulis” dan “titik” yang bermakna “titik


2. Teknik Pembuatan Batik

 Batik adalah salah satu cara pembuatan motif pada kain. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. 

3. Batik Sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO

UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009. Dalam prosesnya banyak kendala terutama pembuktian bahwa batik benar benar berasal dari indonesia.


4. Membatik Mata Pencaharian Wanita Jaman Dulu

Batik merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.

5. Pengenalan Batik Pertama Kali

Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.

6.Motif Dan Corak Batik

Motif dan corak batik setiap daerah berbeda corak ini mengakomodasi flora dan fauna.Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah.  

7. Konfrontasi Pihak Asing

Potensi batik yang sangat besar menjadikan batik diburu sebagai budaya luar salah satu negara yang mengklaim adalah malaysia. sebelum diakui UNESCO malaysia sempat memasukkan batik Sebagai warisan leluhur mereka.

busana batik indonesia 8. Batik Sebagai Fashion Dunia

Desainer desainer indonesia mulai mengenalkan batik terhadap luar negeri. keindahan coraknya dikenalkan melalui berbagai ajang salah satunya miss univers. perancang batik terkemuka indonesia adalah Annie Avantie. 


9. Jenis Batik Berdasarkan Teknik Pembuatannya.

Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

10. Mitos Tentang Batik 

Dalam budaya jawa motif batik tidak boleh digunakan dalam sembarang waktu. salah satunya motif batik parang yang dilarang untuk acara pernikahan. setiap motif memiliki makna dan penempatan penggunaan dalam tradisi adat yang berbeda.

Nah itulah 10 Fakta tentang batik indonesia yang kami tulis berdasarkan berbagai sumber. semoga menambah kecintaan kita akan keragaman dari budaya bangsa kita.sehingga tidak ada budaya indonesia yang hilang

tags:teks eksposisi tentang batik, pidato bahasa jawa tentang batik, pidato bahasa jawa tentang hari batik, argumentasi bahasa jawa tentang batik, Argumentasi bahasa Jawa tema batik jawa, pidato bahasa jawa tentang budaya batik
10 Fakta Tentang Batik Indonesia | Admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.