Apa Manfaat Buah Kelapa?

bitbing | Kelapa (bahasa Inggris: coconut) atau juga dikenali sebagai nyiur adalah tumbuhan saka. Tinggi pohon kelapa bisa mencapai 6 hingga 30 meter bergantung kepada variasi pohonnya.
Asal buah kelapa telah menjadi pembahasan dari berbagai pihak yang menyebutkan bahwa ia berasal dari semenanjung Asia Tenggara sementara yang lain pula menyebutkan bahawa ia berasal di barat laut Amerika Selatan.
Selain daging buahnya yang gurih, air kelapa pun ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa khasiat dari buah kelapa seperti dilansir antaranews:
1. Air kelapa sebagai pengganti cairan tubuh. Dikarenakan kandungan elektrolit dalam air kelapa serupa dengan cairan dalam tubuh manusia, air kelapa bisa dijadikan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Dalam keadaan darurat, air kelapa bisa dijadikan cairan infus.
2. Manfaat kedua dari buah kelapa adalah kemampuannya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Buah kelapa dapat membunuh bakteri berbahaya, seperti jamur, virus, dan parasit yang hidup di dalam tubuh manusia, sehingga kecil kemungkinan untuk terjadi infeksi di dalam tubuh manusia.
3. Manfaat buah kelapa yang ketiga adalah untuk meningkatkan energi secara instan, tanpa harus meningkatkan jumlah kalori. Energi yang diberikan oleh buah kelapa tidak tersimpan dalam bentuk lemak, sehingga buah ini tidak akan membuat tubuh gemuk.
4. Air kelapa juga berfungsi untuk menghilangkan gejala rasa lelah, dengan mendukung fungsi kelenjar tiroid. Mengkonsumsi buah kelapa beserta dengan airnya secara rutin, dapat membantu penyerapan kalsium pada tubuh. Seperti yang diketahui, kalsium sangat baik untuk pertumbuhan dan menjaga kekuatan tulang dan gigi.
Manfaat buah kelapa memang luar biasa bagi manusia Selain untuk kesehatan bagian lain dari pohon kelapa sering digunakan manusia untuk keperluan hidup sehari-hari. Mungkin inilah satu dari sebagian besar tanaman yang semua bagiannya, dari mulai akar, batang dan buah bermanfaat bagi manusia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.