Apple iPad 4 vs iPad Mini : Pilih yang Mana?

Pilih Apple iPad 4 atau iPad Mini?

Ketika Apple mengumumkan peluncuran iPad generasi keempat – sering disebut iPad 4, atau iPad dengan layar Retina – pada Oktober 2012, banyak konsumen merasa marah dengan penggantian yang cepat dari iPad yang sangat mirip dgn ipad 3. Namun, Anda hanya perlu memutuskan apakah perlu atau tidak untuk meng-upgrade ke perangkat yang hanya sedikit lebih kuat – dan jika Anda baru saja mengeluarkan uang jutaan untuk iPad 3, keputusan itu tidak terlalu sulit.

Namun dalam pengumuman yang sama, Apple memperkenalkan juga model iPad mini – yang merupakan miniatur tablet ipad yang membuat konsumen memikirkan kembali bagaimana dan mengapa menggunakan perangkat mobile mereka. Akibatnya, buat orang2 yang baru mau membeli tablet dari Apple akan jadi sulit untuk memilih produk yang mana, ipad 4 atau ipad mini?

ipad mini vs ipad 4

Kami berusaha untuk menyiapkan panduan ini untuk membantu Anda memutuskan apakah memilih iPad terbaru (iPad 4) atau iPad mini yang tepat bagi Anda. Seperti semua gadget pada umumnya, akhirnya turun ke preferensi – yaitu, bagaimana Anda berencana untuk menggunakan tablet tersebut – tetapi ada banyak spesifikasi untuk membantu Anda memilihnya.

Kemiripan iPad 4 dan iPad Mini

Pertama, Anda harus tahu apa yang akan Anda dapatkan dengan kedua iPad dan iPad mini. Sejauh kapasitas berjalan, Anda dapat membeli 16GB, model 32GB dan 64GB buat masing-masing tablet. Tentu saja ada perbedaan harga, dan Anda dapat meng-upgrade ke model 128GB iPad.

Meskipun iPad mini lebih kecil, itu tidak kekurangan apapun dalam kemampuan kamera. Kamera iSight untuk kedua iPad 4 dan iPad mini menawarkan foto 5-megapiksel, autofocus, face detection, backside illumination, lensa lima elemen, hybrid IR filter dan ƒ/2.4 aperture. FaceTime HD memungkinkan untuk 1,2-megapiksel foto, video HD 720p dan bekerja melalui Wi-Fi dan seluler. Baik iPad dan iPad mini dapat merekam video  dalam 1080p HD, memungkinkan Anda untuk tap to focus saat merekam, dan stabilisasi video.

Kedua perangkat punya kemampuan seluler (termasuk teknologi Bluetooth 4.0) yang sama. IPad dan iPad Mini keduanya memungkinkan hingga 10 jam surfing web pada Wi-Fi, menonton video atau mendengarkan musik (sembilan jam berselancar di web menggunakan data seluler).

Setiap perangkat menggunakan kabel Lightning, dan Anda dapat mengisi dengan adaptor daya atau menghubungkan ke komputer Anda. Dan jangan khawatir – Siri tersedia untuk membantu Anda tidak peduli versi ipad yang Anda beli, karena mereka masing-masing menjalankan versi yang sama dari iOS.

Terakhir, kedua iPad dan iPad mini menjalankan setiap aplikasi di App Store – namun karena ukuran layar, pengalaman atau kinerja dapat bervariasi.

Layar iPad 4 vs iPad Mini

Perbedaan terbesar antara tablet ini adalah kepadatan layar. Layar iPad Mini ini adalah 7.9 inci diagonal, dengan resolusi 1024 x 768 pada 163 pixel per inci. IPad dengan layar Retina ukurannya 9,7 inci, dengan resolusi 2048 x 1536 pada 264 pixel per inci.

Untuk penggunaan biasa, perbedaan dua inci dan resolusi yang jernih tidak banyak berpengaruh, tapi pasti ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Jika Anda menggunakan tablet terutama sebagai media player – menonton film, melihat atau mengedit foto, dll – Retina iPad biasanya akan menjadi pilihan yang lebih baik. Alasannya sederhana: Anda dapat melihat lebih banyak. Ini juga baik untuk produktivitas, karena Anda memiliki lebih banyak ruang untuk menavigasi.

Perlu diingat bahwa Apple dilaporkan berencana untuk merilis sebuah iPad mini dengan layar Retina pada akhir 2013, meskipun hal ini belum dikonfirmasi.

Kekuatan dan Kecepatan

The iPad 4 dengan layar Retina, dengan prosesor dual-core A6X dan grafis quad-core, tidak diragukan lagi akan lebih kuat daripada iPad mini, yang memiliki prosesor A5 dual-core standar. Dalam istilah awam, ini berarti iPad 4 memiliki dua kali kekuatan pemrosesan dan empat kali kekuatan grafis dari iPad mini.

Hal ini seharusnya tidak terlalu mengejutkan anda, namanya juga “mini”, maka beberapa fitur an spek bakalan Mini juga. Jika kekuatan dan kecepatan yang paling penting bagi Anda, Maka anda harus memilih iPad 4 daripada iPad mini.

Namun, perlu dicatat: iPad Mini memiliki semua kemampuan iPad. Memiliki sebuah iPad mini berarti Anda mengorbankan ukuran layar lebih dari apa pun.

Harga iPad Mini vs Harga iPad 4

Kalau bicara harga sudah pasti harga ipad mini bakalan lebih murah dibandingkan harga ipad 4.

Pada akhirnya, iPad mini adalah buat konsumen Apple yang sudah mengetahui dan memahami ekosistem iOS, tetapi selalu berpikir iPad itu terlalu besar dan mahal. IPad dengan layar Retina adalah buat konsumen yang ingin meng-upgrade pengalaman tablet mereka – mereka yang menginginkan yang terbaik unuk ukuran layar dan resolusi tablet dari yang tersedia di pasaran.

 

Apple iPad 4 vs iPad Mini : Pilih yang Mana? | tabletpc | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.