Cara Memilih Tablet PC yang Tepat Buat Anda

Cara Memilih Tablet PC yang Tepat Buat Anda. Mengapa Anda ingin sebuah Tablet PC? Sebelum saya membeli satu komputer tablet untuk yang pertama, maka saya mencoba untuk mencari tahu mau dipakai buat apa nantinya kalau memang jadi beli tablet nya. Saat ini saya sudah punya laptop , trus buat apa saya masih mau beli tablet? Apakah saya bisa “pensiunkan” laptopnya, dan kemudian hanya menggunakan tablet dan desktop pc saja? Saya kadang2 bekerja di rumah, jadi saya menggunakan komputer meja untuk bekerja karena memerlukan pekerjaan mengetik, dan layar yang lebih besar. Karena sudah terbiasa bekerja dengan layar yang lebar dan keyboard, maka saya kan tetap memakai pc atau notebook buat keperluan pekerjaan, jadi apa sebenarnya masih perlu buat beli sebuah tablet?

Orang-orang membeli komputer tablet untuk berbagai alasan, misalnya saja karena lebih portabel dibaning laptop, lebih ringan , baterai tahan lama, lebih mudah untuk dibawa dan waktu booting jauh lebih cepat. Pernahkah Anda duduk di sekitar selama beberapa menit untuk menunggu laptop untuk boot? Padahal anda ingin buru2 untuk segera memeriksa skor sepak bola atau sekear baca berita online.  Dengan tablet PC booting hanya sebentar, sebenarnya tablet PC itu seperti ponsel, namun dengan layar yang lebih besar, apalagi saat ini banyak tablet pc yang bisa telpon dan sms seperti layaknya ponsel biasa.

Apakah Anda menggunakannya untuk bisnis, atau hanya untuk kesenangan saja? gadget ini sebenarnya jauh lebih dari sebuah ponsel dengan layar lebih besar. Kebanyakan dari mereka memiliki prosesor yang lebih cepat, kemampuan grafis yang lebih baik. Ini berarti mereka mampu menjalankan aplikasi aplikasi sejenis yang di laptop, seperti excel, word, aau bermacam aplikasi produktivitas dan tentu saja games. Fakta bahwa mereka begitu portabel berarti mereka dapat digunakan sebagai buku resep di dapur, buku membaca di kamar tidur, atau mesin game di ruang tamu !

Ketika datang untuk memilih tablet PC yang tepat untuk Anda , tempat terbaik untuk memulai adalah anggaran . Putuskan berapa banyak yang Anda ingin habiskan unuk sebuah pc tablet. Anda apat membelinya dengan menyesuaikan budget yang anda punya.

Bagi mereka dengan anggaran yang lebih tinggi , jelas ada lebih banyak pilihan . Jika Anda memiliki anggaran terbatas, mungkin Anda harus mulai dengan apa yang akan Anda butuhkan untuk tablet PC . Bagaimana Anda akan menggunakannya? Aplikasi seperti apa yang akan anda gunakan?

Sejauh ini kita telah melihat anggaran , dan kegunaan . Menurut pendapat saya , jika Anda memiliki dana “terbatas” dan tidak terlalu yakin mau dipakai buat apa saja, saya akan tetap berusaha untuk mencari tablet dengan kualitas terbaik, misalnya saja Apple ipad, apalagi sekarang sudah ada versi murahnya yaitu ipad mini. Kalau dari segi kualitas dan keawetannya tidak diragukan lagi, apalagi didukung oleh ratusan ribu aplikasi dan games keren di itunes apps store, maka kalau anda hobi games bisa tinggal download dan mainkan. Berikut ini adalah beberapa poin penting yang perlu anda perhatikan sebelum membeli tablet pc.

Kapasitas Penyimpanan Tablet

Anda tidak harus membandingkan penyimpanan pada tablet PC dengan ruang penyimpanan di PC . PC membutuhkan jumlah penyimpanan yang jauh lebih besar karena sistem operasi maupun sofware2nya biasanya perlu ukuran yang besar. Terus berapa banyak penyimpanan pada tablet PC yang anda butuhkan? Tergantung mau dipakai buat apa tabletnya. Kalau buat simpan musik2 dan film yang biasanya ukurannya besar2, maka anda perlu kapasitas yang besar. Tapi kalau cuma buat main games, apalagi bukan games HD, anda cuma perlu kapasitas yang tidak terlalu besar, apalagi aplikasi2 tablet seperti android itu filenya kecil2.

RAM Tablet

RAM atau memory tablet itu beda dengan penyimpanan yah, walaupun menggunakan satuan MB atau GB seperti penyimpanan. RAM suatu tablet perlu anda perhatikan, apalagi jika anda mau memakai tabletnya buat main games2 berat/ HD, RAM minimal 512MB bahkan 1Gb sangat diperlukan agar permainan anda tidak putus2 atau lambat loadingnya.

Prosesor Tablet

Memori dapat digunakan untuk membuat aplikasi berjalan lebih cepat pada tablet PC , tetapi hal yang paling penting adalah kecepatan prosesor.  Sebagian besar prosesor tablet yang beredar saat ini adalah sekitar 1-1,2 Ghz . prosesor sebesar itu dan didukung RAM 1GB, maka itu sudah lebih dari cukup untuk membuat tablet anda performancenya bagus baik untuk memainkan games2 3d/HD maupun untuk membuka aplikasi lainnya seperti microsoft word atau musik, dll.

Ukuran layar tablet

Ukuran layar menjadi salah satu hal yang penting buat anda. jika anda suka bepergian dan hanya menenteng tas yang kecil tablet ukuran 7 inci sangat cocok buat anda. Tablet ukuran 10 inci akan merepotkan dan tidak praktis kalau dibawa2, beda lagi kalau anda senang main games dan kurang puas kalau layar kecil, ukuran 9 atau 10 inci adalah pilihan tepat buat anda.

Semoga beberapa tips memilih tablet pc yang tepat diatas apat membantu memberikan pencerahan buat anda yang sedang bingung mau beli tablet pc seperti apa buat anda atau anak anda.

Cara Memilih Tablet PC yang Tepat Buat Anda | tabletpc | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.