Cara Mempercepat Booting Windows 7

Cara Mempercepat Booting Windows 7.Banyak orang yang menggunakan windows 7 mengeluhkan kinerja komputer yang cenderung kurang stabil performanya. Salah satu solusi agar sistem pada komputer bisa bekerja secara optimal adalah dengan cara mempercepat Booting Windows 7. Tentu saja hal ini memerlukan langkah-langkah yang tepat supaya tidak terjadi kesalahan dalam proses Booting tersebut.

Cara Mempercepat Booting Windows 7

Pengertian Booting Windows 7

Sebelum masuk pada pembahasan utama untuk mempercepat windows 7, ada baiknya kita pahami apa sebenarnya arti “Booting” dalam dunia komputer. Booting merupakan proses penempatan OS (Operating System) menuju memori utama sebuah komputer. Penempatan ini prosesnya dikerjakan secara otomatis oleh program yang tersimpan pada ROM (Read Only Memory). Istilah sederhananya, Booting merupakan proses pengoperasian sistem komputer setelah dinyalakan.

Ada beberapa cara untuk mempercepat proses Booting pada Windows 7, diantaranya adalah:
Hapus Isi Folder Prefecth

mempercepat loading windows 7

Cara pertama untuk mempercepat loading windows 7 adalah menghapus semua isi folder Prefecth yang terdapat di C:Windows. Perlu kita ketahui, Prefecth merupakan folder yang berisi file-file berukuran kecil yang digunakan oleh program sebelumnya. Ketika kita menggunakan kembali file-file tersebut, secara otomatis Windows akan me-load-nya (karena sebelumnya pernah dibuka dan tersimpan di folder Prefecth). Meskipun file-filenya berukuran kecil, jika terus dibiarkan menumpuk akan memperlambat kinerja komputer saat proses Booting Windows. Untuk itu file-file di folder Prefecth ini harus dihapus. Untuk proses penghapusan, bisa kita ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

–    Buka Winows Explorer
–    Klik Directory C:>Folder Windows>Prefecth
–    Hapus seluruh file pada folder Prefecth

Catatan: cara ini juga bisa bekerja Windows XP atau Windows Vista.

Windows Boot Performance Diagnostic

Windows Boot Performance Diagnostic bisa kita dapatkan di Local Group policy Editor. Namun tips ini hanya bisa kita gunakan pada Windows 7 selain Home edition dan Starter.

Langkahnya sebagai berikut:
–    Klik Win+R> ketik: gpedit.msc >> Enter
–    Kita arahkan pointer pada Tree Form (sebelah kiri) kemudian kita masuk Compuer Configuration>Administrative>Template>Systems>Troubleshooting and Diagnosis>Windows Boot Diagnostic.
–    Double click pada Configure Scenario Execution Level
–    Pilih Enable lalu klik OK

Advance Boot

mempercepat start up windows

Cara mempercepat windows 7 yang terakhir ini merupakan trik merubah core yang biasanya digunakan untuk proses start up windows 7 dan Booting. Untuk melakukan proses Booting, umumnya komputer menggunakan 1 core. Untuk mendapatkan kecepatan Booting maksimal, kita bisa merubahnya pada jumlah maksimal core.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

–    Click Win+R> ketik: msconfig > Enter > Tab > Boot
–    Click Advance Options
–    Beri tanda centang pada Number of Processors kemudian pilih jumlah prosesor lalu klik OK.

Setelah itu muncul perintah me-restart. Disini ada 2 opsi yang bisa kita pilih yaitu klik “Restart” untuk me-restart komputer, atau klik “Exit Without Restart” jika kita ingin keluar tanpa me-restart computer.
Catatan: cara ini hanya bisa digunakan pada komputer yang memiliki prosesor diatas 1 core seperti core2 duo, dual core, 13, 15 dan lain-lain. 

Demikian 3 opsi cara mempercepat Booting Windows 7, semoga salah satunya bisa membantu memperoleh performa komputer yang maksimal.

tags:jak zmienić dzwonek w systemie windows 10 mobile, jak uzyskać pomoc w systemie windows 10, score hero windows phone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.