Cara Mengatasi Sembelit atau Konstipasi

Cara Mengatasi Sembelit atau Konstipasi.Sembelit atau dalam dunia medis sering disebut konstipasi merupakan kondisi dimana seseorang mengalami frekuensi buang air besar yang tidak teratur. Gejalanya adalah buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu, disertai feses yang keras dan biasanya menimbulkan rasa sakit. Masalah sistem pencernaan ini bisa dialami oleh setiap orang terutama wanita hamil. Cara mengatasi sembelit dalam kasus yang biasa, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat yang banyak dijual bebas atau melalui rekomendasi dokter.

Meskipun obat penghilang sembelit banyak dijual bebas, namun kadang seseorang sensitif terhadap salah satu komponen obat sehingga lebih memilih cara-cara alami untuk mengatasi konstipasi tersebut. Contoh cara mengobati sembelit secara alami, umumnya seperti dibawah ini:

Cara Mengatasi Sembelit

Minum Air Putih

Orang yang menderita konstipasi biasanya disertai dehidrasi. Dalam hal ini air memegang peranan penting untuk megolah feses dalam usus besar. Konstipasi bisa dicegah dengan mengkonsumsi setidaknya 2 liter (8 gelas) air putih setiap hari. Air putih yang cukup, mampu mengolah feses menjadi lunak sehingga mengurangi rasa sakit ketika dikeluarkan lewat anus.

Membatasi Konsumsi Obat dan Makanan Penyebab Konstipasi

Makanan olahan dan beberapa makanan sejenisnya seperti roti dari terigu putih, keju, daging, susu dan telur dapat memicu terjadinya konstipasi. Selain itu jenis obat seperti antacid juga bisa menyebabkan konstipasi. Batasi mengkonsumsi obat dan jenis makanan tersebut untuk meminimalkan resiko menderita konstipasi.

Mengkonsumsi Makanan Tinggi Serat

Selain air, serat sangat penting untuk melancarnan proses pencernaan makanan. Makanan yang dicerna dengan sempurna, membuat feses lebih lunak sehingga memudahkan proses pelepasan melalui anus. Dengan mengkonsumsi makanan kaya serat setiap hari, mampu menjaga metabolisme dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Makanan kaya serat bisa diperoleh dari buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran dan biji-bijian.

Hindari Minuman Bersoda

Hindari jenis minuman bersoda/soft drink, teh dan kopi. Beberapa jenis minuman tersebut dapat memicu dehidarasi pada tubuh. Sewaktu tubuh mengalami dehidrasi, air yang seharusnya digunakan untuk mengolah feses akan diserap kembali oleh tubuh sehingga mengakibatkan feses menjadi keras dan timbul rasa sakit bila dikeluarkan.

Olahraga Teratur

Cara efektif mengatasi sembelit atau konstipasi adalah olahraga dengan teratur. Meluangkan waktu untuk olahraga selama 30 menit 3-5 kali seminggu, bisa membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga kemungkinan terjadi konstipasi bisa dicegah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.