Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar

Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar. Sebuah daftar pustaka adalah daftar sumber-sumber yang digunakan untuk mendapatkan informasi untuk laporan, makalah atau tesis Anda. Daftar pustaka ini biasanya dituliskan pada bagian akhir laporan, biasanya di beberapa halaman terakhir.

Anda akan merasa lebih mudah untuk menyiapkan daftar pustaka Anda jika Anda selalu mencatat setiap buku, ensiklopedia, atau artikel yang Anda gunakan sebagai bahan rujukan. Mulai dari awal susunlah daftar pustaka pada selembar kertas terpisah dan tuliskan secara lengkap semua sumber Anda. Tuliskan judul lengkap, penulis, tempat publikasi, penerbit, dan tanggal publikasi untuk setiap sumber. Ketika Anda selesai menuliskan pada kertas Anda, Anda dapat menggunakan informasi pada kartu catatan Anda untuk mengecek daftar pustaka anda. 

Tujuan Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar adalah bahwa pembaca, tanpa kesulitan, dapat mengambil dokumen sebagaimana dimaksud

Cara Penulisan Daftar Pustaka dengan Gaya APA

Cara Penulisan Daftar Pustaka

Dan Penulisan daftar pustaka yang sering dipakai adalah menggunakan format dari APA (American Psychological Association). Format APA menggunakan kutipan singkat dalam teks makalah ketika mengacu pada sumber. Kutipan singkat memberikan penulis dan tahun sumber dalam tanda kurung, yang memungkinkan pembaca untuk menemukan kutipan penuh dalam daftar referensi di akhir kertas Anda.

contoh:
Hasil awal onset di jalan yang lebih gigih dan berat (Siti, 2003)
Siti (2003) menemukan bahwa hasil onset awal jalan yang lebih gigih dan berat

Ketika mereproduksi kutipan langsung, termasuk jumlah halaman tertentu. Anda dianjurkan untuk memasukkan nomor halaman ketika parafrase.

contoh:
Siti dan Joni (2011) menemukan “siswa yang tidak baik yang rawan untuk melihat kursus lebih positif” (hal. 676).
“Siswa yang tidak baik yang rawan untuk melihat kursus lebih positif” (Siti dan Joni, 2011, p.676)

Demikian ulasan singkat kami tentang cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar menggunakan gaya penulisan dari APA seperti contoh diatas. Silakan tuliskan komentar anda untuk kritik, saran,atau tambahan.

Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar | Admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.