Cara Transfer Uang Lewat Handphone

Tiga operator telepon seluler di tanah air yakni Telkomsel, XL dan Indosat, berkolaborasi luncurkan inovasi berupa layanan e-money interperability (P2P transfer) atau layanan pengiriman uang elektronik lintas operator.

Langkah tersebut sebagai bentuk dukungan bagi Bank Indonesia yang tengah memperluas akses sistem keuangan ke masyarakat.

“Kirim uang lintas operator ini adalah sambung menyambung dan ini merupakan program besar dari sistem keuangan inklusif,” kata Darmin di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (15/5).

Bagi Anda pelanggan tiga operator tersebut, bisa mulai saling berkirim uang. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Langkah Pertama, melakukan registrasi dan pendaftaran. Bagi pengguna Telkomsel bisa melakukan registrasi (TCASH di *828#). Sedangkan untuk pengguna XL harus registrasi ke gerai XL dengan menunjukkan kartu identitas. Hal itu juga harus dilakukan untuk pelanggan Indosat.

Langkah kedua, pastikan Anda memiliki saldo. Caranya dengan membeli uang elektronik di gerai masing-masing operator.

Langkah ketiga adalah transfer uang. Pelanggan Telkomsel bisa mengetik *828#. Sementara pelanggan XL bisa mengetik *123*120#. Untuk pelanggan Indosat dari *789#. Akan tampil berbagai opsi mulai dari saldo, kirim uang, pembelian, pembayaran, dan lain-lain. Setelah itu pilih operator tujuan, nomor HP yang dituju, dan jumlah atau nominal uang yang ditransfer.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan PIN dan konfirmasi dengan kode acak. Setelah selesai, pelanggan tinggal menunggu pemberitahuan dari operator yang dikirim melalui SMS.

Berapa uang yang bisa ditransfer?

Untuk Telkomsel, satu hari, Anda hanya bisa kirim Rp 1 juta. Dan Rp 20 juta dalam sebulan. Anda bisa transfer minimal Rp 1.000 untuk satu kali kirim dan maksimal Rp 1 juta.

Sedangkan untuk Anda pelanggan XL, dalam satu hari maksimal lima kali transaksi dengan nilai minimal Rp 10.000 dan maksimal Rp 1 juta. XL juga membatasi pengiriman uang hanya Rp 20 juta selama satu bulan.

Sementara untuk pelanggan Indosat, satu kali kirim minimal Rp 10.000 dan maksimal Rp 5 juta.
merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.