Contoh Surat Penawaran Barang Dan Produk

Mencari Contoh Surat Penawaran Barang untuk Sukses Melakukan Penjualan. Melakukan penawaran barang bukanlah suatu hal yang aneh dilakukan jika Anda ingin membuat produk jualan Anda laris. Tentu, sebelumnya Anda harus menyusun suatu surat yang khusus berisikan detil-detil produk yang ditawarkan agar bisa dimengerti dengan jelas oleh calon penerima. Ini pun harus Anda persiapkan dengan matang sebab lain manusia, lain pula wataknya. Ada orang yang bisa dengan antusias untuk alasan apa pun menerima sura penawaran Anda, ada pula orang yang antipati dan langsung membuang surat penawaran Anda ke tong sampah terdekat. Bila hal yang terakhir terjadi, jangan sakit hati. Itu merupakan ujian yang harus Anda lewati untuk bisa mencapai tujuan akhir: sukses menjual barang. Akan tetapi, bukan tidak ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kemungkinan buruk seperti itu terjadi. Anda memerlukan contoh surat penawaran barang yang baik dan efektif dalam menarik perhatian calon penerima tawaran.


Di Mana dan Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dalam Mencari Contoh Surat Penawaran Barang?


Anda bisa mendapatkan contoh surat penawaran barang yang pantas untuk diterapkan dari internet. Anda bisa akses salah satu website yang mungkin menyediakan format surat penawaran yang tepat untuk dibuat. Yang perlu diingat adalah, surat semacam ini masuk ke dalam tipe surat resmi. Artinya apa? Anda diwajibkan untuk menghindari pemakaian kata-kata atau tata bahasa yang sifatnya tidak resmi. Jadi jangan pernah menggunakan kata-kata yang umum terdapat dalam bahasa pergaulan sehari-hari. Sekalipun pihak yang Anda hendak kirimi adalah suatu perusahaan yang bidang usahanya mungkin membidik kawula muda, untuk hal ini, jangan pernah Anda memperlakukannya dengan cara yang Anda pikir bisa diterima. Mungkin dalam pola penjualan ke konsumen si pihak yang Anda tuju mempergunakan cara yang ‘anak muda sekali’, tetapi dalam hal terkait relasi antar bisnis, hampir tidak mungkin metode yang sama mereka lakukan. Ini pantut Anda catat sebab ini terkait pula dengan citra perusahaan/bisnis yang Anda emban. Jangan sampai surat yang Anda dianggap main-main dan perusahaan/bisnis Anda pun terkena cap tidak serius.
Unsur-unsur dalam Contoh Surat Penawaran Barang

Mungkin baru pada saat Anda berhasil menemukan contoh surat penawaran barang di internet, Anda mengerti mengapa tadi dikatakan bahwa surat model ini adalah surat resmi. Itu bisa dilihat dari struktur yang membangun surat itu sendiri yang tidak berbeda dari berbagai macam surat resmi lain.
Dalam surat penawaransemacam itu terkandung elemen seperti yang bisa kita lihat di bawah:
            1. Kepala surat yang mengandung subelemen seperti:
                        – tanggal dan tempat surat itu dibuat,
– nama penerima surat yang biasanya merupakan pemilik/manajer perusahaan yang Anda kirimi surat,
                        – alamat tujuan surat itu dikirimkan.
                        – perihal, yang berisikan jenis surat apa yang Anda kirimkan (dalam hal ini, penawaran),
– terkadang dicantumkan pula poin ‘tembusan’ apabila ada beberapa orang yang memiliki wewenang terkait dengan perihal penawaran barang di perusahaan yang Anda kirimi surat.
            2. Isi
Bagian ini bisa Anda susun dengan cara memulainya dengan perkenalan. Ceritakan latar belakang perusahaan/bisnis Anda secara ringkas, padat , dan jelas. Kemudian bisa diteruskan dengan penjelasan produk yang ditawarkan lengkap dengan harga.
3. Penutup

Berisi ucapan terima kasih kepada pihak penerima, Anda harus menambahkan keterangan alamat Anda secara lengkap. Ini berguna untuk membantu si penerima jika ia tertarik nanti untuk tahu ke mana ia harus menghubungi Anda tanpa kesulitan yang berarti, yang mungkin bisa membuat ia batal untuk menerima tawaran yang Anda beri. 

Semoga dengan Contoh surat penawaran barang dan produk ini dapat memberikan pencerahan buat anda yang memang sedang membutuhkannya. Kalau anda punya contoh proposal penawaran barang yang lebih bagus, sharing ya disini.

Contoh Surat Penawaran Barang Dan Produk | Admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.