Contoh Teks Cerita Ulang

Contoh Teks Cerita Ulang – Sepertinya dot com, Cerita ulang atau kalau bahasa inggris nya dikenal dengan nama recount text, kalau orang indonesia menyebutnya jadi rekon, adalah menceritakan kembali kisah atau cerita di masa lalu baik yang berupa kisah nyata, kisah imajinatif maupun kisah faktual dengan tujuan memberikan informasi atau sekedar hiburan pada orang lain. Disini kita akan memberikan contoh teks cerita ulang pada anda agar anda dapat mengetahui seperti apa bentuk dari teks cerita ulang itu.

Contoh Teks Cerita Ulang

Contoh Teks Cerita Ulang

Nah sobat semua, ini dia salah satu Contoh Teks Cerita Ulang yang bisa anda baca dan pahami, kemudian bisa anda terapkan atau anda coba sendiri dengan versi anda sendiri atau versi yang lain:

Contoh 1:

   Musim panas lalu saya mendapat liburan fantastis. Saya mengunjungi beberapa tempat yang besar.
Saya pergi ke bandara dan akan terbang ke Cleveland. Saya menghabiskan dua hari di sana. Saya senang melihat beberapa Cleveland Cavaliers pertandingan basket.
Lalu saya pergi ke Hollywood. Hollywood adalah sebuah distrik yang terkenal di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Ini telah menjadi terkenal di dunia sebagai pusat industri film. Empat perusahaan film besar – Paramount, Warner bros, RKO dan Colombia – memiliki studio di Hollywood. Saya tidak ingin pergi, tapi saya harus.
Setelah itu, saya pergi ke kota New York. Saya mengunjungi Patung Liberty. Saya pergi dari dasar Manhattan ke puncak mahkota. Itu sangat mnakjubkan.
Tempat itu membuat say seperti di rumh, jadi saya memutuskan untuk pulang. Lain kali saya akan kembali ke tempat ini.

Contoh 2:

Study Tour ke Malang

Ketika aku hendak naik ke kelas 8, para guru kelas Bilingual SMP Negeri 1 Srono merencanakan Study Tour yang akan dilaksanakan di Kota Batu, Kabupaten Malang. Kegiata Study Tour ini memang diadakan setiap satu tahun sekali atau ketika hendak liburan semester 2 (semester genap). Study Tour ini dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2011.

Waktu itu tanggal 14 Juni 2011 telah datang, dan keberangkatan ke Kota Batu, Kabupaten Malang untuk melaksanakan Study Tour dilaksanakan pada pukul 23.30 WIB. Sebelum berangkat para siswa harus berkumpul terlebih dahulu di SMPku tercinta yaitu SMP Negeri 1 Srono. Karena keberangkatan menuju Kota Batu akan dilaksanakan pada tengah malam, maka para guru menyarankan kepada murid-muridnya untuk memakai jaket dan sepatu agar tidak kedinginan saat di perjalanan.

Akhirnya seluruh murid yang akan melakukan Study Tour telah datang semua, dan para guru langsung menyuruh kami agar berkumpul di halaman sekolah untuk berdoa. Sesudah berdoa kami segera memasuki bus masing-masing yang sudah dipersiapkan oleh pihak sekolah.

Perjalanan dari Banyuwangi menuju Kota Batu – Malang memang sangat jauh. Ketika di dalam bus saat di perjalanan kami semua hanya berdiam diri, karena saat itu cuaca pada malam hari sangat dingin sekali. Tak terasa tiba-tiba perjalanan sudah sampai di tanjakan Gumitir. Karena jalanannya berkelok-kelok dan terdapat banyak jurang yang menganga lebar perasaanku menjadi cemas. Namun setelah turun dari jalanan Gumitir yang berkelok-kelok hatiku sudah terasa lega dan aku pun langsung tertidur.

Ketika hampir subuh aku pun terbangun. Saat aku menoleh kebelakang aku terkaget karena kukira Rio (temanku sewaktu SMP) tidak tidur semalaman, eh ternyata dia sedang tertidur. Aku terkaget karena ketika Rio tertidur ia seperti tidak memejamkan matanya alias matanya tidak menutup dengan sempurna.

Saat Subuh tiba kami berhenti terlebih dahulu di sebuah masjid yang terletak di Kota Pasuruan untuk melaksanakan ibadah sholat subuh. Setelah itu kami langsung melanjutkan perjalanan.

Sekitar pukul 08.30 WIB kami tiba di Jatim Park 2. Setibanya di sana aku beserta rombongan Study Tour langsung mengambil makanan yang telah disediakan oleh koordinator kelas Bilingual SMP Negeri 1 Srono untuk sarapan. Setelah selesai sarapan masing-masing dari kami diberi tiket untuk masuk ke dalam Jatim Park 2. Kami pun langsung antre di depan loket museum hewan-hewan yang diawetkan, di dalam museum tersebut banyak sekali hewan-hewan yang diawetkan, seperi burung hantu, cheita, hiu purbakala, fosil dinosaurus, dan masih banyak lagi.

Setelah itu kami jalan-jalan menuju kebun binatang yang letaknya agak di wilayah belakang Jatim Park 2. Di dalam kebun binatang tersebut banyak sekali satwa yang dipelihara, mulai dari satwa yang hampir punah hingga satwa yang populasinya masih banyak. Satwa-satwa di kebun binatang Jatim Park 2 ini ada yang khas dari dalam negeri dan ada yang berasal dari luar negeri.

Saat Dhuhur datang aku dan kawan-kawan segera mencari mushola untuk segera melaksanakan ibadah sholat Dhuhur. Setelah sholat kami menuju ke bus untuk mengambil jatah makan siang.

Ketika hari mulai senja kami berpindah ke lokasi wisata selanjutnya, yaitu BNS (Batu Night Spektakuler). Di dalam lokasi BNS teman-temanku langsung mencoba berbagai wahana permainan yang ada, seperti Film 4 Dimensi, Rumah Hantu, Rumah Kaca, dan masih banyak lagi. Tapi hanya aku, Azis, dan Bima saja yang tidak mencoba berbagai wahana yang tersedia, jadi kami bertiga hanya jalan-jalan mengelilingi lokasi BNS.

Sekitar pukul 18.30 kami keluar dari BNS dan segera makan malam, setelah itu kami pulang. Saat perjalanan pulang aku sudah tertidur. Ternyata waktu berjalan dengan cepat, tak terasa setelah aku bangun tidur sekitar pukul 05.15 ternyata bus sudah sampai di sekolah, dan aku pun langsung mengirim pesan singkat melalui hp kepada Bapakku agar menjemputku di sekolah. Tak berapa lama kemudian Bapakku datang, akupu segerea menghampirinya dan segera pulang. Setibanya di rumah aku langsung mandi, sarapan dan tidur kembali karena badanku masih lelah.

 

Aku sangat senang sekali bisa Study Tour ke Kota Batu, Kabupaten Malang tepatnya di Jatim Park 2 & BNS (Batu Night Spektakuler). Cerita tadi adalah salah satu pengalaman yang mungkin tidak akan pernah kulupakan.

Nah cukup mudah bukan? Anda bisa membuat contoh teks cerita ulang dengan pengalaman pribadi anda sendiri di masa lalu, selamat mencoba.

Contoh Teks Cerita Ulang | Admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.