Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Contoh Teks Eksplanasi Sosial – Halo lagi sobat semua, sudah tahu kan apa itu teks Eksplanasi? Kalau belum tahu apa itu teks eksplanasi, ok,  teks ini adalah teks yang akan beri anda penjelasan tentang sebab akibat dan faktor faktor di dalamnya. Teks eksplanasi itu ada macam2, ada tentang kejadian alam, atauoun bertemakan sosial, nah buat anda yang sedang butuh info dan contoh teks eksplanasi sosial, saya sudah kumpulkan beberapa contohnya buat anda.

Ini dia beberapa Contoh Teks Eksplanasi sosial

Silakan simak beberapa contohnya di bawah ini:

Contoh 1:

 Proses Terbentuknya Kelompok Pergunjingan dalam Interaksi Sosial

pernyataan umum :  Pergunjingan merupakan bagian dari kehidupan sosial manusia sebagai sarana untuk meluapkan kekecewaan seseorang dalam interaksi sosialnya. Pergunjingan tidak diciptakan untuk mencari solusi, karena mereka hanya sekadar menyampaikan kepenatan sosial. Ruang gunjing selalu tercipta bahkan menjadi rutinitas. Dalam pergunjingan terpendam hasrat dan kepuasan ketika bisa mengorek aib kehidupan orang lain, termasuk menikmati kehancuran orang lain dalam interaksi sosial. Umumnya setiap agama mengutuk perbuatan bergunjing ini.

penjelasan : Salah satu penyebab menjamurnya kelompok pergunjingan dalam interaksi sosial adalah adanya pikiran menganggur yang tidak mendapat pekerjaan tepat. Kondisi yang demikian, akan mendorong interaksi antar manusia untuk saling menjejali pekerjaan pikiran berupa gunjingan aib orang lain, akibat dari kelebihan energi pikirannya.Pergunjingan terjadi begitu saja, tanpa ada sponsor dan moderator. Dalam kesehariannya, manusia saling berbicara tentang berbagai hal ringan. Seperti sekadar berbasa-basi dan bertukar canda. Hal itu memiliki dampak positif yang sangat besar dalam interaksi sosial manusia. Di dalam hubungan pertemanan misalnya, hal yang demikian dapat mempererat keakraban dan kehangatan satu sama lain. Namun, segala sesuatu yang berlebihan pasti akan berdampak negatif. Ketika seseorang telah merasakan kekecewaan pada objek yang sama dengan orang lain, mereka akan dengan mudah membentuk kelompok sosial yang tujuannya adalah sebagai wahana pencurahan atas kekecewaannya tadi. Kelompok tersebut disebut kelompok pergunjingan.

penutup : Dengan demikian, pergunjingan terjadi dengan diawali adanya pikiran yang menganggur. Kemudian terjadi interaksi sosial yang didukung perasaan senasib sepenanggungan atas dasar kekecewaan yang sama, serta sikap egois yang akan mendorong terbentuknya interaksi sosial antar manusia untuk saling menjejali pikiran masing-masing dengan berupa gunjingan aib orang lain.

Contoh 2:

contoh teks eksplanasi sosial

Tentang Ritual Sesajan Dalam Ilmu Sosial Dan Budaya.

Dalam tradisi orang ritual-ritual/sesajen adat yang sakral dan cukup menelan biaya yang cukup tinggi ritual penyucian arwah di laut. Hal ini menjadi sebuah adat dan budaya harus tetap dilestarikan dalam budaya.Kematian bagi masyarakat adat atau yang masih menganut aliran kepercayaan di pulau adalah sebuah proses menuju dunia keabadian. Bagi mereka jika sesorang meninggal dunia maka masih ada sejumlah proses ritual/sesajen yang harus dilakukan oleh keluarga yang masih hidup. Untuk itu maka setiap orang yang meninggal dunia dipercayakan rohnya akan melenggang ke nirwana atau surga apabila telah dilakukan penyucian arwah atau bagi orang yang telah meninggal tersebut. Untuk melakukan ritual/sesajen ini maka dibutuhkan dana yang cukup lumayan karena akan membunuh korban sembelihan mulai dari ternak kecil hingga ternak besar, tergantung dari dari strata sosial sesorang.
Untuk mengenal lebih dekat ritual/sesajen penyucian arwah atau harus mengikutinya selama tiga hari berturut turut dalam melakukan ritual/sesajen. Ritual penyucian arwah harus dilakukan pada bulan tertentu sesuai dengan kalender adat dan perputaran bulan. Dilakukan pada hari ke enam setelah buan purnama pada bulan kedelapan tahun masehi setiap tahunnya.salah satu tokoh masyarakat dan pelaku adat setempat mengatatakan, orang yang meninggal dalam sebuah kampung adat tertentu yang diikat oleh kekerabatab dan hirarki suku akan melakukan ritual penyucian arwah secara serentak.
Ritual ini akan dilakukan atas kesepakatan semua keluarga dari setiap orang yang meninggal dunia karena ini menyangkut dengan dana yang besar yang akan dihabiskan. Ritual ini tidak dilakukan setiap tahun. Bisa lima tahun sekali atau lebih sehingga jika ritualnya sudah dilakukan ada puluhan orang mati yang arwahnya akan disucikan.
Ritual akan dilakukan selama tega hari berturt-turut. Pada hari pertama adalah hari dimana semua keluarga dari orang yang meninggal akan berkumpul. Disini semua kerabat serta orang yang berasal dari kampung tersebut akan berkumpul dengan membawa masing masing ternak dan makanan berupa besar atau kacang hijau. Kaum perempuan bertanggungjawab untuk mengumpulkan makanan berupa beras sementara para lelakinya bertanggungjawab mengumpulkan ternak. Setelah semuanya berkumpul maka pada hari kedua akan dilakukan ritual penyucian bagi setiap orang yang telah meninggal.agar yang telah meninggal tidak boleh lagi mengganggu keluarga yang masih hidup karena mereka akan disucikan jalanya menuju nirwana. Setelah itu maka para lelaki telah menyiapakan seoekor domba putih dipintu luar kampung sevbelah barat untuk dipotong menjadi dua. “domba putih yang dipotong menjadi dua ini adalah lambang persembahan.

-Pernyataan Umum : Kematian bagi masyarakat adat atau yang masih menganut aliran kepercayaan di pulau adalah sebuah proses menuju dunia keabadian
-Deretan Penjelas : Dalam tradisi orang ritual-ritual/sesajen adat yang sakral dan cukup menelan biaya yang cukup tinggi ritual penyucian arwah di laut. Hal ini menjadi sebuah adat dan budaya harus tetap dilestarikan dalam budaya. Ritual penyucian arwah harus dilakukan pada bulan tertentu sesuai dengan kalender adat dan perputaran bulan. Dilakukan pada hari ke enam setelah buan purnama pada bulan kedelapan tahun masehi setiap tahunnya.salah satu tokoh masyarakat dan pelaku adat setempat mengatatakan, orang yang meninggal dalam sebuah kampung adat tertentu yang diikat oleh kekerabatab dan hirarki suku akan melakukan ritual penyucian arwah secara serentak.
Ritual ini akan dilakukan atas kesepakatan semua keluarga dari setiap orang yang meninggal dunia karena ini menyangkut dengan dana yang besar yang akan dihabiskan. Ritual ini tidak dilakukan setiap tahun. Bisa lima tahun sekali atau lebih sehingga jika ritualnya sudah dilakukan ada puluhan orang mati yang arwahnya akan disucikan.
Ritual akan dilakukan selama tega hari berturt-turut. Pada hari pertama adalah hari dimana semua keluarga dari orang yang meninggal akan berkumpul. Disini semua kerabat serta orang yang berasal dari kampung tersebut akan berkumpul dengan membawa masing masing ternak dan makanan berupa besar atau kacang hijau. Kaum perempuan bertanggungjawab untuk mengumpulkan makanan berupa beras sementara para lelakinya bertanggungjawab mengumpulkan ternak. Setelah semuanya berkumpul maka pada hari kedua akan dilakukan ritual penyucian bagi setiap orang yang telah meninggal.agar yang telah meninggal tidak boleh lagi mengganggu keluarga yang masih hidup karena mereka akan disucikan jalanya menuju nirwana. Setelah itu maka para lelaki telah menyiapakan seoekor domba putih dipintu luar kampung sevbelah barat untuk dipotong menjadi dua. “domba putih yang dipotong menjadi dua ini adalah lambang persembahan
sumber: http://maruyamaimam.blogspot.com

nah itu dia dua contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial yang bisa anda baca dan anda terapkan dengan bahasa anda sendiri, semoga dari contoh teks eksplanasi dan karakteristik beserta strukturnya diatas bisa mencerahkan anda yang sedang kesulitan mencari rujukan untuk topik ini.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial | Admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.