Apa Sih Fungsi Ginjal Pada Manusia?

Fungsi Ginjal Pada Manusia – Kali ini Sepertinya.com akan mengulas tentang salah satu organ paling vital paa tubuh manusia yaitu Ginjal, lebih tepatnya yang akan kita ulas adalah fungsi ginjal pada tubuh manusia. Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh manusia dengan banyak fungsi, yang diantaranya yaitu untuk produksi hormon, menyerap mineral, penyaringan darah dan memproduksi urine. Karena perannya yang sangat vital ini maka penyakit gagal ginjal akan sangat berakibat fatal.

Sebenarnya kita dapat hidup cukup baik dengan hanya satu ginjal dan beberapa orang hidup sehat meskipun lahir dengan satu ginjal. Apabila tulang bisa patah, otot dapat keseleo dan otak bisa tidur tanpa menimbulkan resiko untuk tetap hidup hidup, sebaliknya jika fungsi ginjal pada manusia tidak bekerja alias gagal ginjal, maka tidak seperti  yang terjadi tulang, otot atau otak tadi, hidup kita tidak dilanjutkan.

Ginjal adalah dua organ berbentuk seperti kacang  dan berada dalam rongga perut bagian atas. Keduanya saling berhadapan di kedua sisi tulang belakang. Ginjal kanan terletak sedikit lebih rendah dari kiri untuk mengakomodasi hati.

Fungsi Ginjal Kita

Bagaimana Cara kerja Ginjal dalam Tubuh Manusia?

Bayangkanlah ginjal Anda sebagai suatu sistem pembuangan limbah yang sangat canggih, yang menampung semua jenis limbah, bejerja nonstop 24 jam sehari, 7 hari seminggu untuk membersihkan darah Anda. Sebagian limbah ini dihasilkan oleh tubuh karena proses makanan yang Anda makan.

Limbah atau racun dalam darah Anda berasal dari hasil samping otot tubuh anda dan dari makanan yang Anda makan. Tubuh Anda menggunakan makanan untuk energi dan untuk memperbaiki diri. Setelah tubuh kita sudah mengambil apa yang dibutuhkan dari makanan, sisanya dikirim ke darah. Jika ginjal Anda tidak menyaring limbah ini, maka limbah akan mengumpul dalam darah dan akan meracuni serta merusak tubuh Anda .

Penyaringan yang sebenarnya terjadi dalam satuan kecil di dalam ginjal yang disebut nefron. Setiap ginjal memiliki sekitar satu juta nefron. Dalam nefron, terdapat pembuluh darah kecil yang disebut kapiler dengan tabung kecil penyalur urin yang disebut tubulus. Sebuah pertukaran kimia yang rumit terjadi dalam ginjal kita, racun2 dan air meninggalkan darah dan memasuki sistem urin Anda .

Pada awalnya, tubulus menerima kombinasi bahan limbah dan bahan kimia yang tubuh Anda masih dapat pergunakan. Ginjal Anda mengukur kanungan bahan kimia seperti natrium, fosfor, dan kalium dan melepaskan mereka kembali ke darah untuk kembali ke tubuh. Dengan cara ini, ginjal mengatur tingkat keseimbangan tubuh dari zat-zat ini. Keseimbangan yang tepat diperlukan untuk hidup, tetapi apabila kelebihan bisa berbahaya.

Kebanyakan orang dilahirkan dengan dua ginjal, tetapi banyak orang dapat hidup hanya pada satu. Operasi transplantasi ginjal dengan donor hidup adalah prosedur medis umum di masa ini untuk mengobati penyakit ginjal seperti gagal ginjal..

Karena semua fungsi ginjal pada manusia dalam tubuh amat penting untuk menyaring racun yang mereka hadapi, maka ginjal rentan terhadap berbagai masalah.

Gagal Ginjal

Gagal ginjal akut adalah suatu kondisi di mana ginjal tiba-tiba kehilangan kemampuan mereka untuk berfungsi dengan baik. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, antara lain:

  • Infeksi
  • Gangguan pembekuan darah
  • Penurunan aliran darah yang disebabkan oleh tekanan darah rendah
  • Tubular nekrosis akut, atau kematian sel-sel tubular yang memberikan urine ke ureter
  • Gangguan ginjal autoimun
  • Infeksi saluran kemih
  • Komplikasi dari kehamilan

Nah sampai disini dulu ulasan singkat kita tentang Fungsi Ginjal pada manusia dan sedikit menyinggung tentang kasus gagal ginjal dan penyebabnya. Semoga dapat sedikit menjawab pertanyaan anda tentang fungsi ginjal di dalam tubuh kita.Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.