Google Akhirnya Meluncurkan Versi Baru Android Jelly Bean 4.3

Android Jelly Bean 4.3. Google akhirnya meluncurkan versi baru dari Android hari ini di sebuah acara di San Francisco. Ternyata bukan Android 5.0 Key Lime Pie – tapi hanya update ke versi yang ada Jelly Bean, menjadi Android 4.3.

Android 4.3 Jelly Bean tidak memberikan lompatan besar dalam desain dan fungsi Android, seperti yang banyak pengguna telah tunggu.  Google menambahkan beberapa fitur yang membuat Jelly Bean sedikit lebih fungsional untuk pengembang, penerbit dan pengguna.

Ini dia beberapa fitur menarik yang itawarkan oleh android jelly bean 4.3 ini:

OpenGL 3 untuk Sistem Tertanam: OpenGL akan memungkinkan para pengembang Android untuk membangun game yang sangat rinci dan gambar sebagai fitur standar di Jelly Bean 4.3. Pengembang dapat mengaksesnya baik melalui OpenGL ES 3 kerangka atau asli antarmuka pemrograman aplikasi.

Bluetooth Cerdas: Juga dikenal sebagai Bluetooth Energi Rendah (BLE), fitur ini akan memungkinkan orang untuk menghubungkan perangkat (seperti smartwatch, sensor denyut jantung atau hal lain yang dapat dihubungkan dengan Bluetooth) ke perangkat Android 4.3 (seperti Nexus 7 terbaru) dalam rangka memberikan informasi sensor ke perangkat untuk kebugaran, pemantauan medis dan banyak lagi.

Akses Notifikasi: Apps sekarang dapat berinteraksi dengan bar pemberitahuan status di Android seperti yang diposting dan mengirimkannya ke perangkat lain yang terhubung melalui Bluetooth.

Profil Yang Dibatasi: Google telah memberikan Android kemampuan untuk menggunakan tanda multi-profil untuk perangkat Android, tapi pembaruan ini memungkinkan profil tertentu untuk membatasi penggunaan, misalnya, jika Anda ingin memblokir kemampuan anak Anda untuk mendownload game dan aplikasi berbayar dari Google Play atau membatasi kemampuan browsing internet mereka pada tablet pc atau smartphone Android.

DRM untuk Perusahaan Media: Android 4.3 menambahkan fitur Digital Rights Management (DRM)  baru yang memungkinkan pengembang aplikasi media untuk mengintegrasikan DRM ke protokol streaming konten mereka. Apps juga dapat mengakses built-in VP8 encoder untuk menangkap video berkualitas tinggi. Google bermitra dengan Netflix sebagai mitra awal untuk fitur DRM baru, yang akan tersedia dalam update Nexus 7.

Peningkatan Profiling Tools: tag Baru dan GPU profil pada layar untuk membantu pengembang meningkatkan kecepatan dan kinerja dalam aplikasi mereka.

Google juga membuat sistem operasi Android lebih halus dan lebih cepat di Android 4.3 Jelly Bean dengan mengurangi latency sentuh, meningkatkan masukan CPU (yang berarti integrasi yang lebih kuat dengan prosesor utama perangkat itu), akselerasi perangkat keras 2D rendering dan meningkatkan sinkronisasi dan buffering.

Google juga menambahkan cara untuk membuat lapisan transparan dalam aplikasi dan widget untuk membuat pencarian aplikasi Android lebih baik. Perbaikan batas optik di Android 4.3 bekerja dengan widget sehingga mereka lebih cocok di layar dan terlihat lebih baik dengan efek seperti bayangan dan bersinar.

Google akan meluncurkan update over-the-air (OTA) Android 4.3 Jelly Bean ke sebagian besar perangkat Nexus mulai hari ini termasuk Nexus 4, Nexus 10, Nexus 7 (Wi-Fi dan versi 3G) dan Galaxy Nexus smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.