Kesenian Jathilan (Kuda Lumping)

Kuda Lumping atau Jathilan salah satu budaya indonesia yang kental dengan nuansa magic khususnya di jawa timur. Tari jathilan atau juga disebut tarian kuda lumping atau juga jaran kepang ini adalah tarian tradisional jawa. Tarian ini biasa dilakukan pada acara acara pernikahan dan berbagai ritual adat.

Salah satu yang menjadi ke khasan dari tarian ini adalah menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda, tarian ini menggunakan kuda yg terbuat dari bambu yg dianyam dan dipotong menyerupai bentuk kuda dihias dgn cat dan kain beraneka warna, tarian jathilan biasanya hanya menampilkan prajurit berkuda. dalam perkembangannya tarian jathilan biasa di gabungkan dengan tarian reog ponorogo bersama bujong ganong atau topeng ponorogo..

Dalam pementasannya terkadang diperlukan suatu koreografi khusus menurut kebutuhan. Perlengkapan musik yg digunakan adalah gamelan tapi tidak selengkap karawitan, cukup sederhana hanya kendang, kenong, gong dan slompret. Syair2 yg dibawakan dlm mengiringi tarian berisikan himbauan agar manusia senantiasa berbuat baik dan selalu ingat pada sang pencipta. Yang membuat tarian jathilan berbeda dengan tarian lainnya tarian ini juga dibumbui dengan attraksi supranatural (kesurupan )para pemainya sehingga lebih menarik.
Hingga saat ini belum ada data yg pasti siapa atau masyarakat mana yg menciptakan tari jathilan pertama kali. Faktanya tari jathilan dijumpai dibanyak daerah dan masing2 mengakui kesenian ini sebagai salah satu budaya tradisional mereka.namun yang patut diingat bahwa tarian ini adalah khas indonesia dan kita harus bangga.
sumber gambar
 bubblews.com
http://khabarjoss.wordpress.com

Kesenian Jathilan (Kuda Lumping) | Admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.