Kurikulum Dan Tujuan Pembuatannya

Belajar kurikulum pendidikan sangat kompleks. materi dari kurikulum pendidikan tentang kurikulum .

Kurikulum merupakan seperangkat rancangan atau rencana pendidikan untuk meningkatkan kualitas.Pencapaian pada setiap rancangan atau rencana pendidikan ini didasarkan pada keadaan daerah dan kemampuannya.Sehingga kurikulum pendidikan setiap daerah berbeda. Jika pencapaian didaerah disamakan maka akan memungkinkan terjadinya kesenjangan karena di Indonesia banyak hal yang masih belum merata dari segi fasilitas maupun kualitas di masing masing daerah.
Sedangkan kejuruan adalah pendidikan yang diorientasikan penggabungan antara pendidikan formal dan kebutuhan industri.Kejuruan merupakan sarana mencocokan/menjodohkan antara kebutuhan industri dengan pendidikan formal.Sehingga dapat diharapkan mampu menyerap tenaga kerja yang dibutuhkan industri.
Tujuan pendidikan tidak lain adalah membentuk manusia yang lebih berkualitas daripada sebelumnya.Tenaga terampil saat ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.Pendidikan vokasional ini merupakanbagian dari sistem pendidikan yang mempersiapkan seseorang untuk menguasaiketerampilan tertentu, sehingga mampu bekerja dalam jenis pekerjaan yang telahdipelajarinya pada suatu usaha atau industri. Kemampuan lulusan dari sekolahkejuruan akan mempengaruhi kualitas produksi dari suatu perusahan di manalulusan bekerja. Untuk meningkatkan kualitas produksi di dunia usaha atau duniaindustri, maka harus melakukan upaya perbaikan atau pembaharuan pembelajaranoleh para guru termasuk peningkatan kemampuan guru dalam bidang kejuruannyamasing-masing.
Di Indonesia sendiri tujuan kurikulum pendidikan kejuruan dibuat berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, struktur kurikulum pendidikan kejuruan.
Secara umum pendidikan kejuruan bertujuan untuk membentuk karakter  peserta didik yang cerdas,berpengetahuan, kepribadian serta ketrampilan dalam bidang yang ditekuni. Peningkatan kualitas
Didalam SK Mendikbud No 049074U1990, tujuan pendidikan SMK diuraikan bahwa
·      Mempersiapkan siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
·      Meningkatkan kemamapuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, dan sekitar.
·      Meningkatkan kemampuan siswa untuk dapat mengembangkan diri sejalan pengembangan ilmu, teknologi, dan kesenian. Menyiapkan siswa memasuki lapangan kerja dan mengembangkan sikap profesional.
Kurikulum Dan Tujuan Pembuatannya | Admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.