Objek wisata Candi Mendut Yogyakarta

Wisata Candi Mendut – Candi Mendut atau yang sering di sebut oleh masyarakat sebagai Candi Bertuah merupakan objek wisata candi yang terdapat di desa Mendut, Kec Mungkid, Kab Magelang, Yogyakarta. Candi ini sering digunakan masyarakat zaman dahulu untuk pemujaan terhadap dewi kesuburan.

Objek wisata Candi Mendut Yogyakarta

Objek wisata Candi Mendut berada sekitar 2 hingga 3 kilometer dari ibukota magelang dan sekitar 3 kolometer dari Candi Borobudur, tepatnya di desa Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Untuk ke tempat wisata ini anda dapat menggunakan angkutan umum seperti elf dari Kota Magelang dengan waktu tempuh hingga 1 jam perjalanan.

Pertama kali Candi Mendut ini di temukan sekitar tahun 1836 yang di tutupi oleh semak – semak yang sangat lebat. Menurut para peneliti sejarah mengenai candi – candi di Yogyakarta, Candi Mendut diperkirakan di bangun pada abad ke 9 masehi yang pada saat ini masih di kuasai oleh dinasti Syailendra. Keunikan candi ini terletak pada desain peintu yang menghadap ke barat laut, dimana candi – candi yang ditemukan di daerah Yogyakarta kesemuanya menghadap ke arah timur.

Ketika anda memasuki wilayah objek wisata Candi Mendut, anda akan melihat banyak sekali relief – relief pada dinding candi tersebut. Ada seseorang yang sedang memangku seorang anak, dan dan relief lainnya mengenai anak – anak yang sedang bermain. Ini merupakan salah satu situs bersejarah yang menyimpan beragam objek wisata yang perlu di telusuri secara mendetail. Jika anda berada di kota Yogyakarta, sempatkanlah untuk mengunjungi objek wisata Candi Mendut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.