Objek wisata Candi Muara Takus Riau

Wisata Candi Muara Takus – Salah satu objek wisata budaya yang sangat terkenal di kepulauan riau tepatnya di desa Muara Takus, Kec XIII Koto, Kab Kempar, Riau, Indonesia adalah objek wisata Candi Muara Takus yang merupakan peninggalan umat hindu dan budha.

Situs bersejarah ini terletak sekitar 135 kilometer dari kota PekanBaru dan anda dapat menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi menuju wisata Candi Muara Takus dengan waktu tempuh sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan. Selama perjalanan ini anda juga akan disajikan dengan pemandangan alam pegunungan yang masih asri dan menyegarkan mata.

Ketika anda sampai di Candi Muara Takus, anda akan melihat sebuah tembok yang cukup besar dengan ukuran sekitar 74 x 74 meter terbuat dari bahan batu putih. Disamping itu pada bagian luar Candi Muara Takus anda akan melihat bangunan tembok dari bahan tanah dengan panjang sekitar 1.5 kilometer mengelilingi bangunan situs.

Para peneliti yang menemukan Candi Muara Takus belum dapat memastikan kapan bangunan tersebut didirikan. Diantara mereka ada yang mengatakan bahwa Candi tersebut dibangun pada abad ke 4 hingga ke 7, bahkan diantara mereka anda yang mengatakan didirikan pada abad ke sembilan hingga ke sebelas. Namun apapun itu, objek wisata budaya ini patut anda kunjungi serta menikamati keindahan alam sekitar bersama keluarga dan teman – teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.