Objek Wisata Istano Basa

Wisata Istano Basa – Kembali lagi kali ini saya akan memberikan informasi tentang objek wisata bersejarah yang terdapat di propinsi Sumater Barat, yaitu Wisata Istano Basa. Tempat wisata ini terletak di Kota Batusangkar, Kec Tanjung Emas, Kab Tanah Datar, Sumatera Barat, Indonesia. Ini merupakan bangunan bersejarah yang didirikan pada abad ke 18 yang lalu.

Objek Wisata Istano Basa

Istano Basa sangat terkenal sekali sebagai salah satu objek wisata budaya yang terdapat di Sumatera Barat. Walaupun Istano Baso adalah sebuah bangunan replica dari Istano yang aslinya, namun suasana di tempat ini tampak lebih asli dan membangakan hati. Replika ini dibuat dikarenakan sekitar tahun 1804 di Istano Basa telah terjadi pertumpahan darah yang menyebabkan bangunan bersejarah itu terbakar habis.

Setelah mengalami perundingan dengan para warga dan masyarakat sekitarnya, akhirnya pada tahun 1966 Istano Basa kembali di bangun dengan arsitektur yang sama pada aslinya. Dan kemudian tempat ini dijadikan sebagai pusat wisata budaya yang terdapat di Kota Batusangkar.

Ketika anda sampai di tempat ini, anda akan melihat sebuah bangunan tradisional besar yang terlihat kokoh dan gagah pada tampak luarnya. Pada bagian dalam Istano Basa terdapat banyak sekali benda – benda purbakala dan peninggalan masyarakat pada zaman dahulu, selain itu arsitektur bangunan ini sangatlah unik dimana anda akan melihat banyak pilar penyangga di sepanjang jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.