Objek wisata Museum Wayang Jakarta

Wisata Museum Wayang – Jika anda ingin mengenal lebih jauh mengenai kesenian Wayang Indonesia, dan saat ini berada di kota Jakarta, Tidak ada salahnya untuk mengunjungi objek wisata Museum Wayang yang terletak di Jl Pintu besar Utara, Jakarta Barat, Indonesia.

Objek wisata Museum Wayang Jakarta

Ketika anda sampai ke museum ini, anda akan melihat sebuah arsitektur bangunan yang sangat unik sekali dan sangat khas suasana bangunan belanda tempo dulu. Seperti yang diketahui, bahwa bangunan tersebut dahulu kala sebagai gereja yang digunakan oleh masyarakat belanda untuk melakukan peribadatan. Dan akhirnya fungsinya berubah pada tanggal 13 Agustus 1975 untuk digunakan sebagai Museum Wayang Indonesia.

Memasuki bangunan Museum Wayang tersebut, anda akan diperlihatkan dengan berbagai macam, bentuk dan jenis Wayang yang di datangkan dari seluruh pelosok tanah air. Wayang tersebut ada yang terbuat dari kuli, palstik kain, kayu dan bahan – bahan lainnya. Pada beberapa bagian ruangan anda juga akan melihat koleksi wayang – wayang dari luar negeri semisal Kamboja dan China.

Diperkirakan hingga saat ini koleksi wayang yang terdapat di Museum Wayang kurang lebih 4 ribu buah wayang. Beberapa nama wayang yang sering menjadi perhatian wisawatan yang datang, seperti wayang beber, wayag golek, wayang janur, wayang kulit dan peralatan pendukung untuk melakukan kontes wayang yaitu gamelan.

Objek wisata Museum Wayang Jakarta | Admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.