Peranan Dalam Belajar Menurut Brunner

  Peranan Dalam Belajar Dan Pembelajaran

Menurut Brunner, orang dewasa harus menciptakan suasana eksplorasi aktif dan mendukung perkembangan anak. Peranan guru adalah memberikan keberanian, dukungan serta menghilangkan keterikatan anak.
Peranan seorang guru dalam proses belajar amatlah penting. Dengan mengetahui karakteristik siswa maka proses belajar akan lebih aktif. peranan guru mengarahkan pembelajaran pada kekuatan yang dimiliki anak seraya tetap memberikan tantangan. Memberikan tantangan akan melatih siswa untuk lebih kreatif dalam menyelesaikan sebuah masalah yang pada ahirnya siswa akan lebih trampil dalam menghadapi setiap tantangan yang diberikan. Pengalaman belajar yang baik hanya bisa didapat bila peserta didik mau mengaktifkan dirinya sendiri dengan bereaksi terhadap lingkungan. Belajar yang berhasil harus  melalui berbagai macam aktivitas, baik aktivitas fisik maupun aktivitas psikis
Proses penyampaian akan mudah terjadi bila penyajian materi dilakukan guru dengan menarik dan menggunakan berbagai matode yang bervariasi sehingga menarik dan meninggalkan kesan yang positif bagi siswa. Cara mengajar ini berhubungan dengan kemampuan guru untuk mengkaitkan materi pelajaran dengan kondisi / keadaan siswa yang dapat memotivasi siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.