Ponpes Tebu Ireng – Jombang



Pin It

Siapa sih yang nggak kenal ponpes tebu ireng. ya ponpes tebu ireng adalah pondok pesantren pencetak tokoh tokoh dan ulama hebat dari jombang jawa timur.saat ini ponpes tebu ireng semakin bagus dari segi kualitas dan juga bangunan yang sangat berbeda dari awal berdirinya.

Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang, yang berada di Desa Cukir Kecamatan Diwek merupakan salah satu pesantren yang menjadi kiblat bagi beberapa pesantren di Indonesia. Hal ini disebabkan banyak alumni pondok pesantren ini, tersebar di seluruh penjuru nusantra, bahkan di beberapa negara.

Banyak alumni dari ponpes ini yang sudah menikmati kesuksesan bahkan di luar negeri. ya ponpes ini memang sangat identik dengan cikal bakal lahirnya nahdatul ulama (NU). dimana pendirinya KH hasyim As’yari merupakan pendiri nahdatul ulama juga.

Kyai Hasyim sendiri mengawali membangun pondok pesantren dengan membeli tanah seluas 200 m2 di Tebuireng milik seorang dalang terkenal. Di atas tanah tersebut kemudian didirikan pondok, yang hanya berupa bedeng berbentuk bujur sangkar, di sekat menjadi dua ruangan. Bagian belakang sebagai tempat tinggal keluarganya, sedangkan yang lain untuk tempat shalat dan belajar para santri yang berjumlah 28 orang.

Dalam perjalanan sejarahnya, hingga kini Pesantren Tebuireng telah mengalami 7 kali periode kepemimpinan. Secara singkat, periodisasi kepemimpinan Tebuireng sebagai berikut:

Periode I : KH. Muhammad Hasyim Asy’ari : 1899 – 1947
Periode II : KH. Abdul Wahid Hasyim : 1947 – 1950
Periode III : KH. Abdul Karim Hasyim : 1950 – 1951
Periode IV : KH. Achmad Baidhawi : 1951 – 1952
Periode V : KH. Abdul Kholik Hasyim : 1953 – 1965
Periode VI : KH. Muhammad Yusuf Hasyim : 1965 – 2006
Periode VII : KH. Salahuddin Wahid : 2006 – sekarang

Ya semoga dengan ini dapat menambah wawasan kita tentang kota jombang dan sekitarnya



Ponpes Tebu Ireng – Jombang | Admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *