Sangiran Part 2: Wisata Warisan Dunia Yang Ramah Nilai – SOLO 24 JAM

Sangiran Part 2: Wisata Warisan Dunia Yang Ramah Nilai – SOLO 24 JAM – Hallo ibu dan bapak semua, Makasih banyak sudah mau datang di website Sepertinya dot com ini. Pagi ini, kita dari blog Sepertinya dot com ingin membagikan ulasan dlm bentuk rekaman video yang menarik yang membahas Sangiran Part 2: Wisata Warisan Dunia Yang Ramah Nilai – SOLO 24 JAM. Kami persilakan ibu dan bapak cek rekaman videonya dibawah ini:



Sangiran Part 2: Eksplorasi Sangiran, Bukan Sekedar Situs Purbakala Tapi Juga Wisata Warisan Dunia Yang Ramah Nilai – SOLO 24 JAM

Ada yang rumahnya dekat dengan Sangiran?
Kamu harus bangga tinggal di kawasan situs bersejarah taraf internasional!
Sangiran tak hanya sekedar situs manusia purbakala, kawasan ini punya banyak nilai budaya, sosial dan kearifan lokal yang belum banyak tereksplor.

Kawasan Sangiran kini dikembangkan menjadi beberapa klaster, diantaranya:

1. Klaster Krikilan

Klaster Krikilan merupakan museum utama yang menjadi visitor center dan sumber informasi secara lengkap tentang Situs Sangiran.
Klaster Krikilan terbagi menjadi 3 ruang, yaitu ruang pamer “Kekayaan Sangiran”, ruang pamer “Langkah-langkah Kemanusiaan”, dan ruang diorama “Masa Keemasan Homo Erectus”.

Eits Selain menjadi visitor center, Klaster Krikilan juga menawarkan banyak wisata lain seperti Sumber Air Asin, Lokasi penemuan S27, Lapisan Diatoma Tanah Putih, Formasi Kalibeng Kali Puren dan Kepunden Persinggahan Joko Tingkir.
Lokasi: Krikilan, Kalijambe, Sragen.

2. Klaster Dayu

Klaster Dayu merupakan tempat dimana dahulu ditemukan fosil tengkorak Homoerectus beserta alat-alat yang digunakan seperti serpih, alat berburu sebesar uang logam untuk menguliti hewan buruan, berbagai macam fosil, seperti gajah, banteng, buaya, babi hutan dan juga peralatan rumah tangga jaman purba, termasuk lapisan-lapisan tanah berumur ratusan ribu tahun bahkan jutaan tahun.

Di Klaster Dayu juga terdapat berbagai wisata lain seperti Bukit Purba, Museum Nano, Sendang Purba, Goa Song, Lembah Purba dan Sumur Emas.

Lokasi: Dayu, Gondang Rejo, Karanganyar.

3. Klaster Ngebung

Klaster Ngebung merupakan klaster dengan tema pengetahuan sejarah penemuan dan perkembangan serta potensi situs sangiran. Ada banyak penemuan yang ditemukan disini, seperti: Alat-alat dari batu, bola batu, krijang, gigi gajah, formasi pucangan, dan binatang air rawa.

Lokasi: Ngebung, Kalijambe, Sragen

4. Klaster Manyarejo

Klaster Manyarejo merupakan lokasi ditemukannya Homo Erektur dan sumber mata air abadi. Selain itu, di tempat ini juga ditemukan banyak fosil hewan purba seperti gajah purba, rusa, kerbau, banteng, buaya, kuda nil, sapi dll.

Lokasi: Manyarejo, Plupuh, Sragen.

5. Klaster Bukuran

Klaster Bukuran adalah klaster yang mengangkat tema evolusi manusia. Di sekitar klaster ini juga terdapat trowongan air, lapisan pucangan, penemuan Sendang Butik, Seni Adi Luhung yang berupa Gejlok Lesung “Kotekan Lesung”
Lokasi: Sangiran, Kalijambe, Gemolong.

Woww KEREN!

Sangiran ga cuma seputar manusia purba kala aja, tapi juga menyangkut budaya dan kerarifan masyarakat lokalnya.

Pengen tahu lebih seputar Sejarah Purbakala?
Dateng ke Sangiran aja yuks.

Tonton Vide Dokumenter Sangiran Part 2 dari Wonderful Solo yang satu ini ya:



wisata


Kalau tante dan om memerlukan file rekaman video yang keren diatas, jangan cemas, tante dan om bisa mengunduh rekaman video dengan judul Sangiran Part 2: Wisata Warisan Dunia Yang Ramah Nilai – SOLO 24 JAM diatas : Disini

Sangiran Part 2: Wisata Warisan Dunia Yang Ramah Nilai – SOLO 24 JAM | Admin | 4.5

Comments are closed.