Sate Ponorogo – Wisata Kuliner Ponorogo – Resep

Jika anda berkunjung ke ponorogo kuliner satu ini jangan sampai dilupakan. Yups sate ponorogo salah satu makanan andalah dari kota reog ini. pertama kali saya mengenal sate ponorogo beberapa tahun lalu. mungkin anda merasa apasih bedanya sate ponorogo dengan sate pada umumnya. yang membuat beda sate ini disajikan dengan sayur bayam dan jagung. jelas rasanya sangat enak dan segar kalau dimakan disiang hari.
Bumbu sate yang tidak terlalu hitam membuat sate ponorogo berbeda dengan sate madura.
beberapa rumah makan di daerah daerah lain juga menyediakan menu sate ponorogo sebagai menu utama. so tidak hanya di ponorogo anda menemukan sate ini.
di kota besar seperti jakarta anda dapat menemukan sate ponorogo di

RM Hadir (Pecel Madiun, Sate Ponorogo)
Jl. R.P. Soeroso (Gondangdia Lama) 34
Menteng, Jakarta Pusat
021 31922075, 3106792


Dikota ponorogo sendiri anda dapat mencicipinya di
RM H Tukri Sobikun Ponorogo

RESEPNYA Berdasarkan Informasi RM H Tukri Sobikun

BAHAN
1. Bawang merah = 1 ons
2. Bawang putih = 1 ons
3. Laos = seibu jari
4. Jinten = 2 sendok makan
5. Tumbar = 2 sendok makan
6. Miri = 1 ons
7. Garam = 250 grm
8. Gula Jawa = 1 kg
9. Tusuk sate (sujen sate) dari sapu lidi yang sudah diruncingkan. Haluskan semua bumbu diatas (selain gula jawa), setalah itu dicampur menjadi satu. Dan haluskan juga gula jawanya. Setelah semua siap campur bumbu yang sudah dihaluskan tersebut dengan gula jawa dan diberi air sedikit sekitar satu gelas dan aduk sampai bercampur.
Cara Membuat Sate 
– Siapkan 1 ayam potong yang besar sekitar 2,3 kg keatas.– Kuliti ayam tersebut, setelah itu kulitnya direbus di air yang sudah mendidih sekitar 1-2 menit saja sampai kulit tersebut kaku, kalau terlalu lama nanti akan hancur kulitnya. Lalu potong kulit ayamnya kira-kira ukurannya 2×4 cm atau persegi panjang.

Kalau ada usus ayamnya bisa direbus bersama kulit, nanti dipotong kecil-kecil sekitar 2,5 cm. ini digunakan untuk isi sate kulit. Setelah semua siap kita bisa memulai membuat sate kulit. Tapi sebelumnya irisan kulit tadi dicampur dengan bumbu yang sudah siap tadi. campur sedikit-sedikit samapai merata semua. Jika sudah selesai baru kita bisa memulai menusuk sate kulitnya.– Pisahkan daging dengan tulang ayamnya. Nanti pisahkan daging paha dan dada. Iris daging dadanya tipis-tipis dengan ukuran sekitar 2×10 cm, dan daging paha juga diris tipis-tipis. Setelah semua selesai kita siap membuat sate dagingnya. Tapi jangan lupa kita bumbui terlebih dahulu sampai merata baru kita tusuk daginng.
Antara daging paha dan dada harus dipisahkan, jangan sampai dicampur karena sifat kedua gading tersebut berbeda. Daging dada cepat matang dari pada daging paha. – Kalau ada jerohan, maka rebus jerohan sekitar 5 – 10 menit.  Hati-hati dalam merebus jerohannya, jika terlalu lama akan keras teksturnya dan akan rusak jika diiris, tapi jika sebentar juga akan rusak. Pada prinsipnya kita harus jaga supaya jerohannya tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras. Setelah semua selesai kita iris jerohannya dan jika sudah selesai kita bumbui sampai merata dan kita buat sate jerohannya.Jika semua sudah selesai baru kita ke proses membakar sate, dan siap menikmati.


gimana? ngiller pengen coba? silahkan jadikan referensi untuk kuliner anda ketika di kota reog ponorogo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.