Sumber Vitamin A Selain Wortel Dan Tomat

[SEPERTINYA.COM] Wortel sudah seperti makanan wajib untuk menjaga kesehatan mata, sampai-sampai ada joke bahwa kelinci tidak pernah pakai kaca mata karena suka makanan tersebut. Namun rupanya, nutrisi untuk mata tidak hanya didapatkan dalam wortel.

vitamin A

Beberapa bahan makanan sehari-hari punya nutrisi yang penting untuk mata. Seperti dikutip dari MSN Healthyliving, Senin (1/4/2013), berikut ini makanan-makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

1. Telur
Kuning telur adalah sumber utama lutein, zeaxanthin dan zink. Paul Dougherty, MD dari Dougherty Laser Vision di los Angeles mengatakan, ketiga nutrisi ini mengurangi risiko degenerasi atau kerusakan makular pada mata.

2. Ikan
Tuna, salmon, makarel dan bahkan ikan asin sangat kaya akan DHA (Docosahexaenoic acid), yakni sejenis asam lemak yang secara alami juga ditemukan dalam retina mata. Kekurangan nutrisi ini banyak dikaitkan dengan risiko sindrom mata kering.

3. Kacang almond
Kacang-kacangan terutama almond punya kandungan vitamin E yang tinggi, yang bisa memperlambat kerusakan atau degenerasi makular. Segenggam kacang almond bisa memenuhi setengah dari kebutuhan vitamin E harian.


4. Sitrus dan buah beri
Buah-buahan dengan rasa masam ini sangat kaya akan vitamin C. Bagi kesehatan mata, manfaatnya antara lain mengurangi kerusakan atau degenerasi makular dan risiko katarak.
5. Sayuran hijau

Sama seperti kuning telur, sayuran hijau juga banyak mengandung lutein dan zeaxanthin. keduanya bersifat antioksidan yang menurut penelitian bisa mengurangi risiko kerusakan atau degenerasi makular dan juga katarak.

Sumber : detikHealth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.