Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran Menurut Ahli

A)    Belajar
Belajar merupakan sebuah proses yang diibaratkan seperti air mengalir. Dimana belajar memiliki sifat  mengalir ,dinamis,penuh risiko,menggairahkan. Kesalahan,kreatifitas,potensi dan ketakjuban adalah bagian belajar.
Belajar menurut beberapa kelompok teori diantaranya:

a)      Behavioristik/Behaviorisme menyatakan bahwa pengertian belajar adalah sebuah perubahan. Perubahan tersebut dapat berupa perilaku yang dapat diamati (observable) dan dapat diukur (meassurable).
b)     Konstruktivisme menyatakan bahwa dalam belajar anak(peserta didik ) adalah pembangun aktif pengetahuannya sendiri. Pendekatan ini menekankan keterlibatan anak dalam proses belajar. Proses belajar harus menyenangkan dan mendukung anak untuk belajar.
c)      Kognitivisme menyatakan bahwa belajar merupakan proses berfikir bergantung pada suatu kemampuan untuk mencipta, memperoleh dan mengubah gambaran internal tentang segala sesuatu yang dialami di lingkungan.Dalam hal ini anak menjadi problem solver dan pemroses informasi.
d)     Progresivisme menyatakan belajar adalah perubahan dalam pola
berpikir melalui pengalaman memecahkan masalah. Ketika anak memecahkan masalah yang dihadapinya, ketika itu pula terjadi perubahan pola berpikir mereka.
            Belajar memiliki banyak pengertian lain menurut beberapa ahli yang mengemukakan tentang arti belajar menurut pandangan masing-masing diantaranya :
1)      Menurut tokoh Whiterington Belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai suatu pola-pola respon yang berupa keterampilan sikap dan kebiasaan, kecakapan atau pemahaman.
2)      Menurut Cronbach Indikator hasil belajar ditunjukkan dengan perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman
3)      Menurut Nana Sudjana Belajar merupakan proses melihat,mengamati dan memahami sesuatu
Dari kesemua pandangan teori diatas belajar dapat ditarik kesimpulan bahwa belajar sebuah proses dimana interaksi terhadap situasi dan lingkungan dimanapun dari seorang individu.Belajar merupakan proses sepanjang hayat setiap hal merupakan proses belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.