Wisata Karimun Jawa

Karimun Jawa memang tidak asing lagi ditelinga kita tentang wisata satu ini. Ya salaha satu keaneka ragaman laut yang dimiliki indonesia salah satunya karimun jawa. Ahir ahir ini wisata ke karimun jawa semakin diminati.

Memacu perekonomian di sektor industri pariwisata dan kebudayaan selama tahun 2013 kedepan Pemerintah daerah Jawa Tengah menggelar Visit Jawa Tengah 2013. Potensi seni budaya dan pariwisata di empat destinasi akan menjadi prioritas utama dan andalan.
“Keempat kota dan kabupaten tersebut adalah Magelang, Sragen, Jepara, dan Cilacap. Di keempat daerah tersebut banyak obyek-obyek wisata maupun seni budaya yang menjadi ikon dan andalan Jawa Tengah, semisal Karimun Jawa, saat ini menjadi daerah tujuan wisata yang paling diminati wisatawan domestik maupun mancanegara,” ujar Kepala Seksi Pelayanan Informasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah, Moch. Achmadi, SH., saat mendampingi rombongan media cetak dan elektronik dalam rangka gathering media ke kepulauan Karimun Jawa di Kab. Jepara.sumber

Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas ± 1500 hektar tanah dan perairan ± 110.000 hektar, telah berkembang menjadi sebuah daya tarik wisata Karimunjawa Marine Park yang dimulai wisatawan lokal maupun mancanegara banyak digemari.
Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Konon Sunan Muria prihatin tentang kenakalan anaknya, Amir Hasan. Untuk tujuan mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang muncul “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria untuk anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agama. Karena itu muncul “kremun-kremun” kemudian disebut pulau Karimun Island.

Sejak 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Publikasi merupakan rumah bagi terumbu karang, mangrove, hutan pantai, dan hampir 400 spesies fauna laut, termasuk 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah elang laut dada putih dan, penyu sisik dan hijau.

Tanaman yang menjadi ciri khas dari Taman Nasional Karimunjawa Dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat di hutan hujan dataran rendah.
Ombak di Karimunjawa rendah dan jinak, sebagian besar dibatasi oleh pantai baik-baik saja pantai berpasir putih.

tags:contoh wacana argumentasi tentang budaya jawa, contoh teks eksposisi bahasa jawa tentang seni pertunjukan jawa, cerpen kebudayaan jawa tengah, contoh artikel eksplanatif bahasa jawa, contoh argumentasi bahasa jawa tentang pendidikan, contoh dialog diskusi bahasa jawa
Wisata Karimun Jawa | Admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.