4 sehat 5 sempurna mengandung apa saja

4 sehat 5 sempurna mengandung apa saja – Pa kabar 4 sehat 5 sempurna mengandung apa saja – Apa khabar teman semua, Selamat datang di web Sepertinya dotcom ini. Kali ini, kita di web Sepertinya akan share saran yang menarik yang menjelaskan tentang 4 sehat 5 sempurna mengandung apa saja. Langsung saja bapak dan ibu baca di bawah ini:

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

KOMPAS.com – Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang terdapat kandungan gizi lengkap di dalamnya. Kandungannya mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral.

Makanan 4 sehat terdiri dari beberapa jenis, yaitu
makanan pokok, lauk-pauk, sayur dan buah-buahan. Sedangkan, 5 sempurna adalah susu yang menjadi nutrisi tambahan. Berikut adalah penjelasannya: 

Makanan pokok

Salah satu jenis makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan pokok. Makanan pokok adalah makanan
yang mengandung karbohidrat. Makanan pokok menjadi dasar dari kebutuhan 4 sehat 5 sempurna. 

Makanan yang mengandung karbohidrat memiliki peran dan manfaat bagi tubuh, yaitu sebagai energi utama. 

Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang paling sehat untuk tubuh. Karbohidrat kompleks terdiri dari serat serta pati yang dirangkai dalam rantai panjang yang kompleks.

Contoh dari makanan pokok yaitu nasi, ubi, kentang, singkong, dan lain-lain. 

Baca
juga: Makanan Pokok: Pengertian, Kelompok, dan Manfaatnya

Lauk pauk

Selain makanan pokok, lauk pauk juga masuk ke dalam jenis makanan 4 sehat 5 sempurna. lauk pauk yang masuk dalam kategori tersebut merupakan sumber protein yang baik.

Protein adalah sebuah molekul besar yang diperlukan oleh sel. Protein diperlukan untuk sel sehingga
sel dapat berfungsi dengan baik.

Protein memiliki kandungan asam amino di dalamnya. Struktur-struktur serta fungsi di dalam tubuh tergantung pada bagaimana protein di dalam tubuh tersebut.

Pengaturan jaringan, sel serta organ yang ada di dalam tubuh tidak akan terjadi jika tidak ada protein di dalamnya.

Akan banyak kekurangan pada tubuh jika kandungan protein di dalam tubuh mengalami kekurangan.

Baca juga:
Apa Saja Fungsi Protein di dalam Tubuh?

Protein tersebut bisa didapatkan dari berbagai sumber, seperti sumber hewani. Seperti ikan, telur, dan daging.

Selain pada hewan, protein juga bisa didapatkan dari sumber nabati atau tumbuhan. Contohnya seperti tahu, tempe, kedelai dan kacang-kacangan.

Sayuran

Selain sebagai sumber protein, sayuran
juga menjadi sumber terbaik dari mineral dan vitamin untuk tubuh.

Kebanyakan sayuran yang rendah kalori tetapi memiliki vitamin yang tinggi. Selain itu, serat dan vitamin juga banyak terkandung di dalam sayuran.

Baca juga: 4 Klasifikasi Sayuran Berdasarkan Pigmen yang Dikandung

Vitamin adalah hal yang juga memiliki peran
penting di dalam tubuh. Sehingga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin bertugas untuk memproduksi energi dan fungsi kekebalan di dalam tubuh.

Selain itu, vitamin juga memiliki tanggung jawab dalam hal pembekuan darah. Selain fungsi-fungsi di atas, masih banyak lagi fungsi lainnya dari adanya vitamin di dalam tubuh.

Tidak hanya vitamin, sayuran juga mengandung banyak mineral yang memiliki beragam manfaat. Beberapa manfaat mineral yakni untuk proses pertumbuhan dan kesehatan tulang,
serta keseimbangan cairan. 

Selain bergizi, sayuran juga kaya akan serat. Sehingga baik untuk pencernaan.

Baca juga: Jenis Vitamin Beserta Sumber dan Manfaatnya

Buah

Seperti halnya sayuran, buah-buahan juga termasuk jenis makanan 4 sehat 5 sempurna. Di dalam buah-buahan banyak terkandung serat, vitamin dan mineral
esensial.

Keduanya, memiliki peran dan fungsi yang sangat baik untuk tubuh. Buah-buahan juga memiliki beragam antioksidan yang baik untuk meningkatkan kesehatan.

Di dalam buah-buahan juga terdapat serat yang bisa membantu kesehatan. Seperti memperlancar buang air besar dan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Baca juga: 3 Kriteria Makanan sehat 

Banyak orang yang tidak suka makan sayuran, tetapi lebih suka makan buah-buahan. Hal itu karena buah memiliki rasa yang lebih bervariasi. Seperti memiliki rasa segar, manis, asam, dan lain-lain.

Susu

Susu adalah sumber dari kalsium, protein, fosfor dan mineral penting lainnya. Banyak manfaat yang di dapat dari minum susu.

Contohnya seperti susu yang mencegah osteoporosis dan patah tulang. Selain itu, susu juga dapat mempertahankan berat badan yang ideal dan sehat.

Baca juga: Benarkah Manusia Perlu Minum Susu Tiap Hari?

Di dalam produk susu berlemak penuh yang diberi makan dengan rumput juga mengandung vitamin K2. Semua nutrisi-nutrisi tersebut penting dan memiliki peran yang besar dalam menjaga kesehatan tulang.

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas
dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di
ponsel.

4 sehat 5 sempurna mengandung apa saja | Admin | 4.5

Comments are closed.