Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Cara Mengatasi Rambut Bercabang, Sepertinya.com.Rambut bercabang menjadi polemik tersendiri bagi seseorang, terutama kaum wanita yang memiliki rambut panjang. rambut bercabang merupakan gejala awal kerusakan pada rambut. Rambut yang cenderung kering atau kondisi stress pada rambut, disinyalir menjadi biang keladi rambut yang bercabang. Cara mengatasi rambut bercabang bisa dilakukan dengan mengkonsumsi nutrisi yang baik untuk rambut, serta mengurangi kontaminasi rambut dengan alat-alat styling rambut dan bahan-bahan kimia seperti hair spray, cat rambut, perming, toning, rebonding dan sejenisnya.

Berikut ini beberapa tips mengatasi rambut bercabang:

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

  • Gunakan hair treatment untuk menghindari kerusakan rambut, selain pemakaian shampoo dan kondisioner. Setelah keramas, gunakan kondisioner dengan ph balance untuk mengembalikan kelembaban rambut. Cara ini akan memproteksi rambut dari kerusakan serta menghaluskan lapisan kutikula.
  • Mengkonsumsi makanan berprotein tinggi mampu mengurangi resiko kerusakan rambut. Perlu anda tahu, rambut terbuat dari keratin sama dengan kuku. Rambut dipastikan bermasalah jika kuku terlihat pucat dan kusam. Dalam kondisi seperti ini, asupan nutrisi berbentuk makanan sehat lebih dibutuhkan daripada perawatan dari luar. Perhatikan konsumsi makanan dengan menghindari makanan dengan kadar kolesterol tinggi.
  • Kutikula pada rambut akan mengalami peregangan apabila terkena panas. Otomatis rambut rentan mengalami kerusakan apabila terkontaminasi langsung dengan panas. Untuk itu hindari menggunakan air panas untuk keramas. Gunakan penutup kepala/topi jika keluar rumah untuk menghindari sentuhan panas matahari langsung pada rambut.
  • Jangan menggunakan alat styling dengan panas tinggi seperti flat iron atau curling iron. Kalaupun terpaksa harus menggunakannya, jangan lebih dari 2 kali seminggu. Lakukan perawatan ekstra pada rambut sehari setelah penggunaan alat-alat styling dengan panas tinggi. 
  • Sehabis mencuci rambut, untuk mengeringkannya cukup ditekan-tekan pakai handuk. Sebaliknya jangan menggosok-gosokkan handuk pada rambut. Pilih handuk dari bahan katun yang mampu menyerap air serta lembut untuk rambut dan kulit kepala.

Selain cara mengatasi rambut bercabang seperti contoh diatas, ada cara yang lebih praktis yaitu dengan memotong rambut secara teratur minimal 5-6 minggu sekali. Dengan cara melakukan pemotongan rambut secara rutin, berarti mengurangi resiko rambut pecah-pecah karena usia tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.