Cerita semut dan merpati beserta gambarnya

Cerita semut dan merpati beserta gambarnya – Apa khabar Cerita semut dan merpati beserta gambarnya – Hallo tante dan om semua, Met Datang di website Sepertinya dot com ini. Siang ini, kami di website Sepertinya pengen memberikan saran yang oke banget yang menjelaskan tentang Cerita semut dan merpati beserta gambarnya. Silahkan sista dan agan menyimak setelah ini:

Pengarang: Anonim Pada suatu hari, ada seekor semut yang sedang berjalan-jalan mencari makan di pinggir sungai. Seperti biasa, dia berjalan dengan riang dan karena kurang hati-hati tiba-tiba ia terjatuh ke dalam sungai.(1) Arus sungai menghanyutkannya. Semut itu timbul tenggelam dan kelelahan. Ia berusaha untuk menepi, tetapi tidak berhasil. Seekor burung merpati kebetulan bertengger di ranting pohon yang melintang di atas sungai, melihat semut yang hampir tenggelam dan merasa iba. (2) Burung merpati ini memetik daun dan menjatuhkannya di dekat semut. Semut merayap naik ke atas daun. Akhirnya, ia berhasil menyelamatkan dirinya dengan bantuan daun tersebut dan mendarat di tepi sungai. (3)

Cerita semut dan merpati beserta gambarnya

Tidak lama kemudian, sang semut melihat seorang pemburu burung sedang mengendap-endap berusaha mendekati burung merpati yang telah menolongnya tadi. Semut menyadari bahaya yang membayangi merpati yang baik tersebut. Ia segera berlari mendekati pemburu dan menggigit kaki sang pemburu. (4) Pemburu itu kesakitan dan terkejut. Ia mengibaskan ranting yang tadinya akan digunakan untuk menangkap burung. Burung Merpati menyadari keberadaan pemburu yang sibuk mengibas-ngibaskan ranting. Akhirnya sang burung pun terbang menyelamatkan dirinya. (5)

Sumber: www.rumahdongeng.com

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

 1.  Pelajaran apa yang kamu dapatkan dari dongeng Kisah Semut dan Merpati?

Dalam kehidupan sehari-hari hendaknya kita saling tolong menolong antar sesama.

2.  Dari paragraf berapa kamu menemukan pelajaran dari dongeng Kisah Semut dan Merpati?

Paragraf 3 dan 4.

Kumpulan cerita dongeng nusantara baik itu fabel, mitos, cerita rakyat, sage dan lainnya sudah pernah kami posting. Adik-adik yang suka dengan dongeng sudah sangat tepat berkunjung ke blog ini, disini semua jenis dongeng bisa didapatkan dengan mudah dan gratis. Pada kesempatan kali ini kakak akan bercerita satu fabel  tentang semut dan merpati. Yuk kita baca bersama.

Kumpulan Cerita Dongeng Nusantara : Fabel Terbaik Semut dan Merpati

Pagi itu hujan baru saja berhenti. Di Hutan kecil tempat tinggal para hewan itu tampak basah oleh sisa-sisa air hujan. Semut menikmati pemandangan itu dengan riang gembira. Tiba-tiba ia mendengar suara aliran air sungai yang menarik hatinya. Lantas ia pun berjalan ke arah sungai itu, hendak melihat-lihat. Semut tidak tahu bahwa sungai setelah hujan cukup berbahaya, sebab arus airnya deras.

“Dam… di… du… di… dam…,” semut bersenandung riang. Sesampainya di sungai, ia takjub dengan keindahan pemandangan yang ada di depannya. Ia pun mendekat ke tepi sungai, hendak mencoba merasakan kesegaran air sungai yang tampak bening itu. Sayang, ia kurang berhati-hati. Ia terpeleset dan kecebur ke dalam sungai. Arus air yang deras menyeret tubuhnya yang kecil.

“Tolooong… tolooong…,” teriak semut. Namun, tidak ada hewan yang mendengarnya. Suara semut terlalu pelan, sedangkan suara air sungai terlalu keras.

Di sebuah pohon tidak jauh dari situ, seekor burung merpati sedang bertengger dengan santai. Ia menikmati udara hutan yang begitu sejuk dan menyegarkan. Tiba-tiba matanya tertuju pada sesosok semut yang tampak sedang berusaha menyelamatkan diri di tengah arus sungai yang deras.

“Kasian sekali semut itu,” batin merpati. “Aku harus menyelamatkannya.”

Merpati terbang ke tepi sungai, lalu memungut daun yang jatuh dari pohon. Lantas ia terbang lagi dan menjatuhkan daun itu di dekat semut. Dengan sekuat tenaga, semut berusaha naik ke daun itu, dan berhasil. Akhirnya ia pun selamat.

“Terima kasih, hai Merpati!” teriak semut. Namun, sepertinya merpati tidak mendengarnya. Burung itu Iangsung terbang entah ke mana.

Cerita semut dan merpati beserta gambarnya

Kumpulan Cerita Dongeng Nusantara Semut

Beberapa hari setelah kejadian itu, merpati sedang bertengger di batang pohon favoritnya. Di tempat itu, ia bisa melihat pemandangan yang indah sambil menikmati udara yang sejuk. Saat itu merpati tidak tahu bahwa ada seorang pemburu yang sedang mengincarnya.

Pemburu itu mengarahkan senjatanya ke merpati. Ia bergerak dengan perlahan supaya tidak menimbulkan suara yang bisa membuat merpati kaget. Dan benar saja, merpati masih belum sadar dengan keberadaan si pemburu. Ia sedang berada dalam bahaya.

Pemburu bersiap untuk menarik pelatuk senjatanya. Namun, tiba-tiba ia berteriak keras, lalu menjatuhkan senjatanya itu. Olala… rupanya seekor semut menggigit tangannya. Ya, semut itu adalah semut yang dulu pernah ditolong oleh merpati.

Mendengarkan teriakan si pemburu, merpati Iangsung terbang. Ia sadar bahwa ia baru saja lolos dari marabahaya. Dari kejauhan ia melihat semut yang melompat dari tangan si pemburu. Sadarlah ia bahwa semut itu telah menyelamatkan hidupnya.

“Terima kasih semut!” teriak merpati sambil terbang menjauh, menghindari si pemburu. Semut mendengar ucapan itu. Ia sangat senang karena bisa membalas budi baik merpati.

Pesan moral dari  Kumpulan Cerita Dongeng Nusantara : Semut Dan Merpati adalah Jika ditolong oleh orang lain, maka kita harus berterima kasih kepadanya. Dan jika ada kesempatan, hendaknya kita membalas budi baik orang tersebut sesuai dengan kemampuan kita masing-masing.

Temukan kumpulan dongeng anak terbaik lainnya pada artikel kakak berikut in dongeng anak bergambar.

Simpan

Simpan

Kamu suka menceritakan dongeng tentang hewan pada si kecil? Bila ingin yang mengisahkan tentang hidup saling tolong menolong, cerita fabel Semut dan Merpati mungkin bisa dijadikan sebagai pilihan. Yuk, simak ceritanya di sini!

Semut kerap menjadi tokoh dalam cerita dongeng. Misalnya saja seperti cerita fabel Semut dan Gajah, Semut dan Belalang, atau kisah Semut dan Merpati. Bila ingin mengajarkan sikap saling tolong menolong pada anak, kamu bisa membacakannya cerita Semut dan Merpati.

Kamu mungkin pernah mendengar cerita tersebut, kan? Secara singkat, cerita fabel ini mengisahkan tentang seekor semut yang hampir tenggelam. Lalu, seekor merpati datang membantunya.

Bila ingin tahu kisah selengkapnya, mending kamu langsung baca artikel ini. Tak hanya kisahnya saja, kami juga telah menyajikan penjelasan mengenai unsur intrinsik, pesan moral, dan fakta menariknya. Selamat membaca!

Cerita semut dan merpati beserta gambarnya

Sumber: Moral Story Kids

Pada suatu pagi, di sebuah hutan, ada seekor semut kecil yang sedang berjalan-jalan di pinggir sungai. Karena sedang bahagia, ia berjalan sambil bernyanyi-nyanyi.

Setelah berjalan cukup lama, hewan kecil ini merasa haus. Ia lalu mendekat ke sungai dan mencoba meminum airnya. Malangnya, ia malah terpeleset dan jatuh ke aliran sungai. Arus air yang deras menyeret tubuhnya yang kecil.

“Tolong, tolong aku!” teriak hewan ini meminta tolong. Sayangnya, suaranya terlalu pelan. Sehingga tak ada hewan yang mendengarkan permintaan tolongnya.

Ada seekor burung merpati yang sedang bertengger di pohon dekat sungai. Ia lalu mendengar suara hewan meminta tolong. Dengan sigap, ia mencari sumber suara.

Tak lama setelah itu, ia berhasil menemukan si hewan kecil yang sedang berusaha melawan arus sungai. “Hewan malang. Kasihan sekali dirinya. Aku harus segera menolongnya,” batin Merpati.

Sang Merpati lalu terbang ke arah tepi sungai untuk mengambil daun. Lantas ia menjatuhkan daun itu tepat di dekat si Semut. Dengan sekuat tenaga, akhirnya hewan yang suka makanan manis ini berhasil naik ke daun.

Burung merpati lalu membawa daun itu terbang dan meletakkannya di daratan. “Terima kasih, Merpati. Kamu baik sekali. Suatu saat nanti aku akan membalas kebaikanmu,” ucap si Semut.

Balas Budi

Beberapa hari setelah kejadian tersebut, ada seorang pemburu burung masuk ke hutan. Ia sedang mencari mangsa yang tepat untuk ditembak dan dijadikan santapan.

Lalu, ia melihat burung Merpati yang sedang bertengger dan tidur pada ranting pohon. Burung malang itu tak melihat sang pemburu. Beruntung, ada si semut yang menyaksikan si pemburu.

Saat pemburu itu hendak menarik pelatuk senjatanya, si semut langsung melompat di atas tangan dan menggigitnya. Seketika itu pula si pemburu berteriak kesakitan. Teriakannya membangunkan burung itu.

Ia lalu menyadari bila dirinya sedang dalam bahaya. Dengan cepat, ia lalu terbang melarikan diri. Dari kejauhan, ia melihat semut sedang lompat dari tangan pemburu.

Burung Merpati lalu paham jika hewan kecil itulah yang menyelamatkannya. “Terima kasih, Hewan Mungil! Kamu sangat baik hati,” teriak burung itu. Mendengar ucapan itu, semut sangat bahagia karena bisa membalas budi hewan yang dulu membantunya.

Baca juga: Dongeng tentang Kancil, Rusa, dan Harimau yang Seru Beserta Ulasannya

Unsur Intrinsik

Meski singkat, kisah di atas cukup seru dan menarik, bukan? Lantas, apa sajakah unsur intrinsik yang terkandung dalam cerita ini? Berikut ulasan lengkapnya;

1. Tema

Tema atau inti kisah Semut dan Merpati ini adalah tentang sikap saling tolong menolong. Ketika semut mengalami kesulitan, sang burung datang untuk membantunya. Pada lain kesempatan, hewan kecil ini gantian membantu burung yang sedang dalam bahaya.

2. Tokoh dan Perwatakan

Cerita semut dan merpati beserta gambarnya

Sumber: Kids World Fun

Dalam cerita fabel yang singkat ini, terdapat dua tokoh utama, yaitu Semut dan Merpati. Keduanya memiliki sifat yang baik hati dan suka menolong.

Selain kedua tokoh utama, ada pula tokoh pendukung yang turut mewarnai cerita. Tokoh tersebut adalah sang pemburu yang jahat karena hendak menembak burung.

3. Latar

Dongeng ini menggunakan beberapa latar tempat, seperti hutan, sungai, dan pohon. Kalau untuk latar waktunya, kisah ini menggunakan setting di pagi dan siang hari.

4. Alur Cerita Fabel Semut dan Merpati

Bisakah kamu menebak alur dongeng ini? Kalau menjawab alur maju, berarti jawabanmu adalah benar. Kisah ini bermula dari seekor hewan kecil yang hampir tenggelam di sungai. Untungnya, ada seekor burung yang menolongnya.

Pada hari berikutnya, ada sang pemburu yang hendak memburu burung itu. Dengan sigap, si semut langsung menggigit pemburu untuk menggagalkan aksinya.

5. Pesan Moral

Pesan moral atau amanat yang terkandung dalam dongeng ini adalah pentingnya saling tolong menolong. Bila ada yang membutuhkan bantuan, bantulah ia semampumu. Selain itu, ucapkanlah terima kasih pada seseorang yang telah membantumu.

Selain unsur intrinsik, ada pula unsur ekstrinsik dari dongeng ini. Biasanya, unsur tersebut berhubungan dengan latar belakang penulis, masyarakat sekitar, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: Kisah Kancil Mencuri Timun Beserta Ulasannya yang Lengkap dan Menarik

Fakta Menarik

Cerita yang menarik ini memiliki fakta menarik. Apakah itu? Kalau penasaran, kamu bisa membaca langsung ulasan singkatnya berikut ini;

1. Banyak Video Animasi yang Mengadaptasi Kisah Semut dan Merpati

Cerita semut dan merpati beserta gambarnya

Sumber: Wikilogy

Karena kisahnya yang menarik dan sarat akan pesan positif, ada banyak video animasi yang mengadaptasi dongeng ini. Kamu bisa menyaksikannya sendiri di YouTube.

Tak hanya dalam bahasa Indonesia, ada pula cerita fabel Semut dan Merpati dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu bisa mengajarkan bahasa asing lewat cerita ini.

Baca juga: Dongeng Putri Kemarau dan Ulasan Menariknya, Kisah Seorang Putri yang Berhati Tulus

Tertarik untuk Membacakan Cerita Fabel Semut dan Merpati Pada Si Kecil?

Demikianlah kisah Semut dan Merpati beserta ulasan singkat mengenai unsur intrinsik dan fakta menariknya. Setelah membaca kisahnya, apakah kamu tertarik untuk membacakan pada si kecil? Jika iya, kamu dapat membacakannya sebelum tidur.

Buat yang masih butuh kisah lainnya, langsung saja telusuri kanal Ruang Pena pada situs PosKata. Ada beraga dongeng menarik, seperti dongeng Kancil dan Buaya, Kelinci dan Kura-Kura, atau Singa dan Tikus. Selamat membaca!

Cerita semut dan merpati beserta gambarnya | Admin | 4.5

Comments are closed.