Definisi dan Pengertian Trypophobia

Artikel ini akan mencoba untuk menjelaskan tentang pengertian dan definisi trypophobia, untuk mereka yang tidak mengalaminya, dan juga untuk memberikan beberapa informasi bagi mereka yang mungkin mengalaminya.

Saya ingin menulis halaman ini untuk memperpanjang apa yang saya tahu tentang trypophobia dan bagaimana menghadapinya kepada orang lain yang mungkin tertarik.

Apa itu  trypophobia?

Trypophobia dikenal sebagai fenomena aneh yang mempengaruhi ribuan orang. Istilah ‘trypophobia’ itu sendiri hanya diciptakan pada tahun 2005. Hal ini tidak diakui sebagai fobia teknis, tapi tampaknya menjadi reaksi yang tidak terkontrol atau respon (biasanya takut, kecemasan, jijik dan / atau pertahanan diri) dari jenis Pola lubang atau gundukan. Ini tampaknya mempengaruhi semua jenis orang muda dan tua dan seluruh hambatan budaya yang berbeda yang menunjukkan itu bukan respon budaya belajar. Seringkali, trypophobe (istilah untuk orang yang menderita sindrom trypophobia) tidak akan tahu bahwa orang lain menderita dari pengalaman yang sama dengan yang mereka lakukan.

Untuk waktu yang lama saya bertanya-tanya mengapa pola-pola lubang tertentu membuat saya merinding? Selama aku bisa mengingat sejak saya masih kecil saya memiliki reaksi ini, dan ada sangat sedikit informasi tentang hal itu di internet. Saya ingin menambah pengetahuan saya di tentang pobia lubang2 kecil ini.

Apa penyebab yang memicu trypophobia ini dan apa yang tidak?

pengertian trypophobia

Pengaruh citra memicu pada setiap penderita trypophobia dapat bervariasi dari tidak ada respon sampai dengan reaksi parah, tetapi banyak pengidap trypophobia akan setuju bahwa gambar-gambar tertentu yang memicu hal ini. Secara umum, jenis cluster dari lubang atau gundukan dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Bagi saya, pola asimetris / non-seragam yang memicunya. Orang lain mengatakan bahwa tekstur lubang tertentu pemicunya. Beberapa pola berulang seperti sarang lebah, kelompok gelembung di permukaan air, dan cetaka pada kulit lutut anda ketika Anda berlutut di karpet terlalu lama juga dapat memicu.

Anda dapat melakukan pencarian di Google untuk “trypophobia” dan banyak gambar yang muncul akan menggambarkan konsep ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pemicu trypophobia, kita harus mengeksplorasi mengapa pengidap trypophobia memiliki reaksi ini.

Mengapa penderita trypophobia bisa punya reaksi phobia ini?

Tidak ada banyak data penelitian tentang trypophobia untuk meyakinkan dan menjelaskan reaksi ini. Dari apa yang saya baca, dan apa yang saya alami, saya kira bahwa jenis tertentu dari lubang serupa di alam (visual) seperti pada penyakit degeneratif, cacar, infeksi, dll, sebaiknya dihindarii. penderita sindrom trypophobia umumnya tidak mengetahui adanya alasan tertentu kenapa mereka tajut akan lubang atau pola tertentu.

Dalam kasus saya, skala visual lubang membuat perbedaan besar. Misalnya, melihat sesuatu dari jarak tertentu mungkin tidak mempengaruhi saya, tapi melihat dari agak jauh malah dapat memicu respon ketakutan.

Reaksi berbeda dari orang ke orang. Berbicara hanya dari pengalaman saya sendiri, yang pertama dan paling nyata reaksi saya dapatkan adalah merinding. Aku selalu merinding ketika trypophobia terpicu, dan rambut saya berdiri. Ini akan terus ada sampai saya tidak lagi dipicu. Saya percaya ini adalah bagian dari beberapa jenis keseluruhan mekanisme pertahanan diri / pemeliharaan diri. Pada saat yang sama, saya merasa cemas. Aku merasa seolah-olah ada kemungkinan ada bahaya. Detak jantung meningkat. Yang terburuk, sampai Anda mulai merasa panik dan demam. Saya mulai mendapatkan reaksi dari hal-hal sehari-hari yang sederhana seperti kepala pancuran, gelembung minyak di wajan, dan bahkan tekstur kertas toilet.

Orang lain telah mengatakan reaksi mereka mencakup hal-hal seperti marah (mungkin agresi yang dapat dihubungkan dengan pertahanan diri), keinginan untuk menghancurkan lubangnya, serta ingin menangis (reaksi alami setelah ketakutan.) Satu hal yang semua penderita trypophobia adalah memiliki kesamaan yaitu rasa jijik yang sangat kuat. Kebanyakan akan secara fisik bergerak menjauh atau berpaling dari gambar dengan jijik. Reaksi umum lainnya termasuk gatal dan sakit perut.

Bagaimana cara menghilangkan Trypophobia ini?

Dibutuhkan banyak kekuatan mental untuk mengurangi kepekaan Anda terhadap hal2 yang memicu trypophobia. Saya tidak percaya Anda akan dapat menyingkirkan reaksi yang muncul sepenuhnya, terutama untuk pemicu yang lebih parah, tapi bisa mengontrol reaksi dan mengekang efeknya terhadap Anda adalah awal yang baik.

Yang paling penting bagi anda adalah menhindari tempat2 yang sudah anda tahu dapat memicu reaksi trypophobia. Anda dapat menjauhkan benda2 yang dapat memicu trypophobia.  Jika Anda keluar dan melihat pemicu, sebaiknya Anda dapat meluangkan waktu untuk berbagi fobia Anda dengan seseorang yang dekat dengan Anda. Mampu menjelaskan dan berbagi dapat mengubahnya menjadi pengalaman yang baik dan membantu kondisi yang dapat mengurangi trypophobia.

Jika Anda perlu, ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak berada dalam bahaya. Jangan memperkuat diri ke sudut ketakutan. Semakin Anda labeli trypophobia sebagai sesuatu yang menakutkan, semakin menakutkan untuk Anda. Jangan pikirkan terus “Ini akan memberi saya mimpi buruk,” dan “Aku sangat takut akan lubang2 itu” Lupakan pikiran-pikiran negatif itu, ubah dengan kata2 positif dan menguatkan mental anda, sehingga lama2 reaksi trypophobia akan berkurang.

Dibutuhkan banyak kemauan untuk melewatkan kesempatan untuk panik pada diri Anda. Tapi begitu Anda bisa mengatakan, “Tidak, saya tidak ingin melihat itu,” dan pergi untuk melakukan hal-hal lain, Anda akan merasa lebih nyaman.

Dengan melakukan ini, dari waktu ke waktu, reaksi Anda terhadap gambar2/benda2 yang memicu trypophobia akan menurun.

Aku merasa sakit atau panik sekarang. Apa yang bisa saya lakukan? anda bisa memutar musik menenangkan, melihat gambar binatang berbulu, air terjun, atau benda mengkilap halus / permukaan (marmer, kaca) akan dapat mengurangi phobia anda.

Terima kasih untuk membaca dan saya berharap informasi tentang pengertia, definisi dan cara menghilangkan trypophobia ini dapat bermanfaat buat anda, terutama yang menderita phobia ini. Jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini atau mengajukan pertanyaan, atau menambahkan sesuatu yang dapat menambahkan artikel ini. Dan Kalau berkenan, silakan share arikel ini ke facebook, twitter atau Google +1 anda, mungkin makin banyak pengidap trypophobia diluar sana yang akan terbantu.

tags:52 Worst Images for Trypophobia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.