Kenapa saat bangun tidur siang kepala sakit

Kenapa saat bangun tidur siang kepala sakit – Apa kabar Kenapa saat bangun tidur siang kepala sakit – Apa kabar teman semua, Makasih banyak dah mau berkunjung ke situs Sepertinya dotcom ini. Sore ini, kami dari web site Sepertinya pengen share tips yang bagus yang menjelaskan tentang Kenapa saat bangun tidur siang kepala sakit. Silahkan Agan dan sista cek dibawah ini:

iasanya tidur siang dilakukan saat seseorang merasa lelah dan butuh istirahat sejenak. Namun, sebagian orang bukannya merasa segar, melainkan pusing dan sakit kepala saat bangun tidur. Memang ada beberapa
penyebab sakit kepala setelah tidur siang. Apa saja kemungkinan penyebabnya?

Ada berbagai penyebab terjadinya sakit kepala jenis ini. Menurut
National Sleep Foundation, orang yang memiliki gangguan tidur punya kemungkinan 8 kali lebih besar mengalami sakit kepala setelah bangun siang.

1. Masalah atau gangguan pernapasan

Masalah pernapasan
yang ditandai dengan mendengkur dapat menganggu dan juga menyebabkan sakit kepala yang berhubungan dengan tidur siang. Mendengkur juga bisa menjadi salah satu tanda obstructive sleep apnea (OSA). OSA terjadi
saat otot belakang tenggorokan mengendur, saluran pernapasan menyempit dan menutup saat bernapas. Hal ini dapat menurunkan kadar oksigen dalam tubuh.

Kondisi ini disadari otak sehingga dapat membangunkan orang dari tidurnya untuk membuka kembali saluran pernapasan. Biasanya Anda
hanya terbangun sebentar, lalu langsung tidur lagi tanpa sadar.

Selain mendengkur, penyakit pernapasan lainnya seperti
TBC,
emfisema, dan penyakit paru lainnya dapat mengganggu kualitas tidur siang Anda hingga mengakibatkan sakit kepala.

2. Posisi atau jenis bantal yang salah

Penggunaan bantal yang tidak tepat bisa menjadi salah satu penyebab. Bantal yang
terlalu keras misalnya atau meletakkan bantal tidak pas bisa membuat otot leher menegang hingga terasa pegal dan sakit yang mengarah pada sakit kepala.

National Sleep Foundation menganjurkan Anda untuk menggunakan bantal yang dapat menahan kepala dan leher dalam posisi nyaman. Bila Anda harus tidur siang dalam perjalanan, bawa bantal khusus untuk bepergian seperti bantal leher.

3. Bruxism atau kebiasaan gemeretak gigi

Bruxism atau menggemeretakkan gigi saat tidur biasanya
terjadi tanpa disadari. Kondisi ini sering menjadi penyebab sakit kepala jenis ini. Orang-orang yang menggemeretakkan giginya saat tidur biasanya memiliki kelainan-kelainan saat tidur lainnya, seperti
ngorok dan sleep apnea.

Orang yang mengalami bruxism
cukup parah dan sering bisa menyebabkan otot pipi, dagu, hingga pelipis tertarik lebih dari biasanya hingga membuat sakit kepala saat Anda bangun.

4. Kurang tidur

Selain ketiga penyebab di atas, kurang tidur malam juga bisa menyebabkan sakit kepala jenis ini. Hal ini karena tidur malam yang kurang tidak bisa digantikan dengan tidur siang, sementara tubuh Anda betul-betul membutuhkan istirahat yang cukup.

Cara mengatasi sakit kepala setelah tidur siang

Mengatasi sakit
kepala setelah tidur siang tergantung pada penyebabnya. Bruxism misalnya dapat diatasi dengan penggunaan pelindung mulut dan meditasi serta yoga jika penyebab menggemeretakkan gigi saat tidur adalah stres.
Selain itu, masalah pernapasan seperti sleep apnea dan penyakit paru lainnya dapat diatasi dengan melakukan gaya hidup sehat serta menjalankan pengobatan yang tepat dari dokter.

Menggunakan bantal dan kasur yang nyaman juga dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak sehingga mengurangi risiko sakit kepala. Jangan lupa, posisi tidur yang tepat juga membantu membuat Anda tetap nyenyak dan segar saat bangun.

Selain itu, usahakan untuk tidur tidak terlalu lama. Cukup tidur 10-30 menit
saja Anda sudah bisa merasakan manfaat tidur siang. Semakin lama Anda tidur, maka kemungkinan Anda untuk sakit kepala dan sulit tidur di malam hari semakin besar.

Ada baiknya untuk tidur sekitar jam 2 siang. Di waktu ini biasanya Anda akan mengalami rasa kantuk setelah perut terisi penuh di jam makan siang. Selain itu, tidur di waktu tersebut cenderung tidak akan mengganggu waktu tidur di malam hari.

Rabu, 25 Mei 2022 16:53 Reporter : Ayu Isti

Kenapa saat bangun tidur siang kepala sakit

Ilustrasi pusing. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/9nong

Merdeka.com – Kepala pusing merupakan salah kondisi umum yang sering terjadi pada siapa saja. Gangguan ini biasanya ditandai dengan gejala kepala yang terasa berat atau nyeri, baik sebagian maupun kepala secara keseluruhan. Selain itu, kepala pusing juga ditandai dengan pandangan mata yang kurang fokus.

Kondisi kepala pusing ini bisa terjadi kapan saja. Biasanya ketika tubuh terserang flu, Anda akan merasakan gejala kepala pusing yang mengganggu. Selain itu,
kelapa pusing juga bisa terjadi ketika Anda bangun tidur, termasuk tidur di siang hati. Di mana sebagian atau seluruh kepala terasa berat dan pusing sehingga tidak nyaman saat terbangun.

Dalam hal ini, terdapat beberapa penyebab pusing setelah tidur siang
yang perlu Anda ketahui. Kepala yang terasa pusing setelah bangun dari tidur siang bisa dipengaruhi oleh masalah pernapasan dan kebiasaan mendengkur, bruxism atau kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur, hingga kondisi tempat tidur yang tidak bersih.

Beberapa faktor ini bisa menjadi alasan mengapa Anda sering pusing saat terbangun dari tidur siang. Meskipun umum terjadi, namun kondisi ini cukup mengganggu dan perlu segera diatasi dengan baik.

Melansir dari Healthline, berikut kami
merangkum beberapa penyebab pusing setelah tidur siang beserta cara mengatasi, bisa Anda simak.

2 dari 4 halaman

Penyebab Pusing Setelah Tidur Siang: Kebiasaan Mendengkur dan Bruxism

Kebiasaan Mendengkur

Penyebab pusing setelah tidur siang yang pertama mungkin
disebabkan oleh masalah pernapasan dan kebiasaan tidur mendengkur yang sering Anda lakukan. Perlu diketahui, jika Anda tidak bernapas dengan benar saat tidur dan sering mendengkur, ini tidak hanya mengganggu kualitas tidur tetapi juga sering menyebabkan pusing setelah bangun.

Mendengkur juga bisa menjadi tanda apnea tidur obstruktif. Biasanya orang yang mengalami ini ditandai dengan beberapa gejala seperti:

  • Berhenti bernapas saat tidur
  • Sering terbangun di malam hari
  • Sering berkeringat di malam
  • Merasa kantuk di siang hari (karena tidak mendapatkan
  • istirahat yang cukup di malam hari)

Bruxism

Penyebab pusing setelah tidur siang berikutnya bisa dipengaruhi oleh faktor bruxism. Bruxism adalah kebiasaan menggertakkan atau mengatupkan gigi tanpa disadari. Jika Anda melakukan ini, terutama saat Anda tidur, ini bisa menjadi menyebabkan gangguan sakit kepala saat bangun tidur.

Kebiasaan ini juga dikaitkan
dengan gangguan mendengkur dan sleep apnea. Jika berulang kali, gangguan ini bisa menyebabkan otot tegang di siang hari, di mana kepala terasa nyeri dan pusing. Dengan begitu, bagi Anda yang sering mengalami kondisi ini, segera konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan saran perawatan terbaik.

3 dari 4 halaman

Penyebab Pusing Setelah Tidur Siang: Kehamilan dan Kebersihan Tidur

Kenapa saat bangun tidur siang kepala sakit

©medicalnewstoday.com

Kehamilan

Penyebab pusing setelah tidur siang juga bisa terjadi saat Anda hamil. Seperti diketahui, kehamilan dapat menyebabkan kelelahan, dan sering kali mendorong Anda lebih banyak tidur siang. Saat terbangun dari tidur siang, mungkin Anda
akan mengalami sakit kepala atau pusing secara tiba-tiba.

Biasanya, gangguan pusing yang terjadi saat kehamilan dikaitkan dengan beberapa faktor. Seperti dehidrasi, kondisi gula darah yang rendah, adanya penyumbatan, hingga sistem kerja hormon dalam tubuh.

Jika Anda sering pusing karena kurang minum, maka tingkatkan asupan cairan Anda dengan baik. Pastikan Anda minum cukup cairan, namun minimalisir minuman berkafein yang dapat menyebabkan dehidrasi seperti alkohol. Usahakan pula
makan dengan cukup dan teratur. Jika sakit kepala Anda tidak hilang, bicarakan dengan dokter kandungan tentang gejala yang Anda alami.

Kebersihan Tidur

Penyebab pusing setelah tidur siang yang terakhir bisa terjadi akibat faktor kebersihan tidur yang tidak diperhatikan dengan baik. Jika Anda memiliki kebersihan tidur yang buruk, seperti tidak membersihkan tempat tidur dari barang-barang atau debu yang menempel, ini bisa menjadi faktor sakit kepala saat Anda bangun
dari tidur siang.

Selain itu, pusing setelah bangun tidur juga bisa disebabkan oleh penggunaan bantal yang salah. Misalnya ketika Anda menggunakan bantal dengan posisi kepala dan leher yang tidak nyaman, maka ini bisa menyebabkan otot kepala tegang.

Tak heran, Anda sering mengalami sakit kepala jika tidur kerap dengan posisi yang kurang nyaman. Ahli menyarankan untuk menggunakan bantal yang dapat menahan kepala dan leher dalam posisi netral, artinya tidak miring sama sekali.

Jika
Anda tidur siang karena tidak cukup tidur di malam hari karena insomnia, tidur terlalu sedikit di siang hari juga bisa menjadi pemicu sakit kepala. Di sisi lain, tidur siang terlalu lama juga dapat menyebabkan sakit kepala, karena tidur berlebihan juga merupakan faktor risiko sakit kepala.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Pusing Setelah Bangun Tidur

Kenapa saat bangun tidur siang kepala sakit

©medicalnewstoday.com

Setelah memahami beberapa penyebab pusing setelah tidur siang, terakhir Anda perlu mengetahui upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan ini. Secara umum, cara mengatasi pusing setelah tidur siang adalah dengan menghindari beberapa penyebab yang
dapat memicunya.

Jika Anda memiliki kebiasaan tidur mendengkur, pernapasan yang kurang baik, dan sering menggertakkan gigi, segera bicarakan dengan dokter agar bisa mendapatkan saran penanganan yang baik. Jika Anda pusing karena tidur dengan lingkungan yang kurang bersih dan nyaman, maka usahakan untuk membuat kamar tidur tetap bersih, serta gunakan peralatan tidur yang nyaman untuk mengurangi risiko sakit kepala.

Selain itu, cara mengatasi pusing setelah tidur siang juga bisa
dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman berkafein, rutin berolahraga setiap hari, membatasi tidur siang (tidak terlalu singkat dan terlalu lama), melakukan teknik relaksasi sebelum tidur, serta bangun dengan lebih santai dan hati-hati (tidak terburu-buru). Beberapa cara ini mungkin sederhana, namun dapat membantu Anda mengatasi gangguan pusing setelah bangun tidur secara efektif. [ayi]

Baca
juga:

Kenapa Kepala Sering Pusing Ketika Beraktivitas di Luar? Ini Penjelasannya!
Penyebab Kepala Pusing setelah Makan Gula, Ini Beberapa
Alasannya
Cara Mengobati Vertigo, Ketahui Gejala dan Penyebabnya
Perbedaan Pusing Hamil dengan Pusing Biasa yang Perlu Diketahui, Ini Lengkapnya

Kenapa kepala pusing saat bangun tidur siang hari?

Kepala yang terasa pusing setelah bangun dari tidur siang bisa dipengaruhi oleh masalah pernapasan dan kebiasaan mendengkur, bruxism atau kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur, hingga kondisi tempat tidur yang tidak bersih.

Kenapa kepala pusing saat bangun tidur?

Dehidrasi yang membuat kepala terasa pusing saat bangun tidur bisa disebabkan oleh tidur di tempat yang bersuhu panas (hipertermia), kurang minum air putih, atau terlalu banyak minum kopi, teh, dan minuman beralkohol sebelum tidur. Selain itu, dehidrasi juga bisa disebabkan oleh muntah-muntah dan diare.

Bagaimana cara menghilangkan pusing saat bangun tidur?

Cara Mengatasi Kepala Pusing Saat Bangun Tidur.

Bangun secara perlahan dan tidak terburu-buru..

Minum air putih..

Menghindari minum minuman yang mengandung kafein sebelum tidur..

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang..

Mengelola stres dengan baik, seperti meditasi, mendengarkan musik, dan lain-lain..

Rutin berolahraga..

Kenapa saat bangun tidur siang badan terasa lemas?

Ternyata menurut praktisi herbal dr. Zaidul Akbar, penyebab badan lemas dan pusing setelah tidur siang dikarenakan 2 hal. Penggagas Jurus Sehat Rasulullah itu menyebutkan bahwa 2 hal yang membuat badan lemas dan pusing saat tidur siang adalah waktu tidur yang lama dan banyak karbohidrat dalam tubuh.

Kenapa saat bangun tidur siang kepala sakit | Admin | 4.5

Comments are closed.