Konsumsi Ikan Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

https://www.sepertinya.com

[SEPERTINYA.COM] Makan ikan dua kali seminggu bisa membantu Anda hidup setidaknya dua tahun lagi, sebuah studi baru telah diklaim.

Orang tua yang memiliki tingkat darah tinggi omega-3 asam lemak yang ditemukan dalam minyak ikan dan makanan laut dapat menurunkan risiko kematian secara keseluruhan sebesar 27 persen dan risiko kematian akibat penyakit jantung sekitar 35 persen.

Peneliti dari Harvard School of Public Health (HSPH) dan University of Washington menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang memiliki kadar tertinggi asam lemak ikan hidup, rata-rata, 2,2 tahun lebih lama dibandingkan dengan tingkat yang lebih rendah.

“Temuan kami mendukung pentingnya kadar darah yang memadai omega-3 untuk kesehatan jantung, dan menyarankan bahwa di kemudian hari manfaat benar-benar bisa memperpanjang tahun hidup yang tersisa,” kata penulis utama Dariush Mozaffarian.

Peneliti memeriksa 16 tahun data dari sekitar 2.700 orang dewasa AS berusia 65 atau lebih yang berpartisipasi dalam Cardiovascular Health Study (CHS).

“Temuan menunjukkan bahwa terbesar bang-for-your-buck adalah untuk pergi dari asupan tidak ada asupan sederhana, atau sekitar dua porsi ikan berlemak setiap pekan,” kata Mozaffarian.

Peserta berasal dari empat komunitas AS di North Carolina, California, Maryland, dan Pennsylvania dan semua umumnya sehat.

Para peneliti menganalisis proporsi total darah omega-3 asam lemak, termasuk tiga yang spesifik, dalam sampel darah peserta ‘pada awal.

Mereka menemukan bahwa tiga asam lemak – baik secara individu maupun gabungan – dikaitkan dengan risiko signifikan lebih rendah dari kematian.

Salah satu jenis khususnya – docosahexaenoic acid, atau DHA-paling sangat terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner (PJK) kematian (40 persen risiko yang lebih rendah), kematian terutama penyakit jantung koroner akibat aritmia (gangguan irama jantung) (45 persen risiko yang lebih rendah)

indianexpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.