Makalah peran Indonesia dalam kerjasama ekonomi di dunia internasional

Makalah peran Indonesia dalam kerjasama ekonomi di dunia internasional – Hi Makalah peran Indonesia dalam kerjasama ekonomi di dunia internasional – Pa kabar Agan dan sista semua, Thanks dah mau datang ke halaman blog www.sepertinya.Com ini. Pagi ini, kami dari web site Sepertinya dotcom pengen memberikan Q dan A yang mantab yang menampilkan tentang Makalah peran Indonesia dalam kerjasama ekonomi di dunia internasional. Ini dia Agan simak berikut ini:

Perdagangan Internasional merupakan suatu perdagangan yang dilakukan antar beberapa negara atas dasar kesepakatan bersama dalam hal menjalin relasi atau hubungan yang mampu membangun bersama dalam hal yang positif. Salah satu contohnya yaitu negara Indonesia sendiri yang menjalankan kerjasama internasional ke beberapa negara di dunia. Dalam hal ini, Indonesia sangatlah berperan besar dalam melakukan ekspansi atau perdagangan internasional di berbagai bidang seperti ekonomi, karena pada dasarnya sendiri Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya alam (SDA) yang bermacam-macam yang dapat dimanfaatkan juga oleh negara lain. Maka dari itu, Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam perdagangan internasional.

Salah satu contohnya ada beberapa peranan Indonesia menurut saya dalam kerja sama ekonomi dengan negara lain, seperti sebagai pelopor dan pendiri organisasi kerjasama antar beberapa negara atau yang dikenal dengan sebutan AFTA (Asean Free Trade Area). Tujuan didirikannya AFTA sendiri adalah untuk menjadikan kawasan ASEAN sebagai suatu tempat atau wadah sebagai sumber produksi yang produktif. Dengan didirikannya AFTA tersebut, maka produk-produk yang di produksi oleh negara-negara ASEAN tersebut memiliki daya saing yang kokoh dan kuat di pangsa pasar global dunia. Negara-negara yang menjadi anggota AFTA antara lain yaitu Indonesia bersama dengan Malaysia, Brunei Darusalam, Singapura, Thailand, dan Filipina. Negara tersebut telah menetepkan dengan menandatangani perjanjian Deklarasi Singapura. Lalu contoh yang kedua yaitu dengan bergabung dengan suatu organisasi yang bernama APEC (Asian Pacific Economic Cooperation) yang merupakan suatu forum dalam hal berhubungan kerja sama antar 21 ekonomi di lingkar Samudera Pasifik yang didirikan juga pada tahun 1989. Jumlahnya sendiri yaitu berjumlah 21 negara saat ini termasuk Indonesia. Tujuan APEC tersebut yaitu dalam hal mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan di kawasan Asia Pasifik. Ini juga dapat memfasilitasi perdagangan internasional supaya lebih bebas lagi dan memperluas market mereka di kawasan dunia. Anggotanya bermacam-macam antara lain seperti Australia, Brunei, Kanada, Chile, China, Hongkong, Indonesia, Jepang, dan Korea.

Indonesia merupakan anggota yang aktif tentunya dalam berorganisasi serta bekerja sama dengan negara-negara yang lain. Dapat dilihat juga dari setiap ada pertemuan konferensi APEC dan AFTA, Indonesia selalu ikut dengan aktif. Lalu dengan mengikutsertakan beberapa menteri atau pejabat dalam berbagai konferensi ekonomi tingkat nasional atau bahkan internasional. Dan dengan menyelenggarakan rapat yang membahas perekonomian dan perdagangan internasional. Indonesia sendiri juga ditetapkan sebagai pelaku dalam kerja sama ekonomi antar berbagai negara juga. Dengan dibuktikan bahwa adanya kegiatan ekspor maupun impor yang dilakukan Indonesia ke negara-negara lain. Barang-barang yang di ekspor keluar bermacam-macam seperti di bidang kehutanan, pertambangan, industri, dan bidang jasa. Dan Indonesia juga mengimpor beberapa bahan baku untuk di konsumsi dan bahan penolong lainnya seperti obat-obatan, dsb. Serta beberapa bahan modal juga di impor untuk kebutuhan disana.

Indonesia adalah satu-satunya negara ASEAN yang menjadi anggota G-20 (atau Kelompok 20). Negara-negara dalam kelompok ini terdiri dari 19 negara dan ditambah dengan Uni Eropa; menguasai 75% perdagangan dunia.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil setiap tahunnya telah menempatkan negara ini menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia. Keberhasilan Indonesia menjadi economy global power tersebut tak lepas dari modal pembangunan yang dimiliki Indonesia. Indonesia merupakan negara yang memiliki modal pembangunan sangat lengkap, mulai dari sumber daya alam (SDA) yang melimpah, sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, iklim demokrasi yang stabil, dan letak geografis yang strategis.

Berdasarkan survei 600 CEO dari PWC (2014) mengungkap bahwa Indonesia menjadi tujuan investasi ke-3 setelah Cina dan Amerika Serikat di antara negara-negara anggota APEC. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memproyeksikan Indonesia akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi ketujuh terbesar dunia pada 2030.

Full PDF PackageDownload Full PDF Package

This Paper

A short summary of this paper

37 Full PDFs related to this paper

Download

PDF Pack

Full PDF PackageDownload Full PDF Package

This Paper

A short summary of this paper

35 Full PDFs related to this paper

Download

PDF Pack

Makalah peran Indonesia dalam kerjasama ekonomi di dunia internasional | Admin | 4.5

Comments are closed.