Tips Menghemat Bensin Pada Kendaraan

Bagi siapapun yang memiliki kendaraan bermotor tentunya mereka pun akan membutuhkan beberapa tips menghemat bensin pada kendaraan, harga bensin yang terus melonjak naik hingga saat ini membuat kita harus berfikir lebih untuk dapat mengirit bahan bakar minyak tersebut. Hal tersebut juga merupakan sebuah persiapan atau antisipasi disaat BBM atau bahan bakar bensin tersebut langka di daerah anda. Tingginya permintaan terhadap kebutuhan BBM pada saat ini yang disertai dengan stok BBM yang semakin menipis di negara ini, maka tidak menutup kemungkinan jika harga BBM atau bensin tersebut akan terus melonjak naik hingga benar-benar tidak mendapatkan subsidi dari pemerintahan.

Selain itu, bahan bakar minyak untuk berbagai kendaraan tersebut pun terdapat kemungkinan langka dan sulit untuk didapatkan, dan kalaupun ada, maka harganya pun akan tinggi beberapa kali lipat dari harga sekarang. Dengan begitu, jika anda memang masih membutuhkan kendaraan bermotor untuk aktifitas keseharian anda, maka tidak ada salahnya jika anda mulai mengirit bahan bakar minyak tersebut sedini mungkin. Dan untuk dapat melakukan hal tersebut, di bawah ini adalah beberapa tips menghemat bensin pada kendaraan yang dapat kita perhatikan bersama.

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah menyesuaikan kebutuhan kendaraan di setiap harinya, sekiranya memang tidak terlalu butuh menggunakan kendaraan maka anda pun dapat menempuh tujuan tesebut dengan cara berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Selain itu, usahakanlah ketika mengisi bahan bakar kendaraan anda dalam kondisi cuaca yang dingin, seperti misalkan pada waktu pagi hari. Karena ketika dalam kondisi cuaca yang dingin tersebut, bahan bakar tidak akan mudah menguap sehingga tidak akan ada banyak yang terbuang akibat penguapan.

Hal selanjutnya adalah sedapat mungkin mengurangi bobot pada kendaraan milik anda, karena jika bobot berlebih, maka mesin pun akan bekeja extra yang membuat penggunaan bahan bakar meningkat. Hindarilah juga penggunaan transmisi bawah pada kecepatan yang tinggi, karena hal tersebut juga dapat menguras bahan bakar lebih banyak. Dan jika anda tinggal di area perkotaan dengan populasi yang padat, maka pintar-pintarlah untuk menghindari macet di jalanan. Karena selain dapat membuat lelah tubuh, macet juga akan lebih memboroskan bahan bakar pada kendaraan anda.

Dan hal terakhir dalam tips menghemat bensin pada kendaraan adalah dengan rutin dan teratur melakukan perawatan pada mesin dan suku cadang kendaraan anda, karena kendaraan dengan mesin yang tidak terawat, dipastikan akan dapat memboroskan bahan bakar hingga mencapai angka 50%. Maka dari itulah anda pun harus merawat kendaraan anda serta menyesuaikan kebutuhan kendaraan tersebut untuk adapat mengirit bahan bakar minyak tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in to post a comment.